Komisi VIII Targetkan BPIH 2018 Turun

oleh
Deding Ishak
Anggota Komisi VIII DPR RI,

JAKARTA – Fraksi Partai Golkar dan fraksi lainnya di Komisi VIII DPR RI akan terus berjuang agar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2018 tetap mengalami penurunan, walaupun pemerintah kerajaan Arab Saudi menaikan pertambahan pajak lima persen.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Deding Ishak mengatakan, biaya haji tahun 2018 masih bisa ditekan bahkan masih bisa turun dari tahun sebelumnya. Hal itu agar tidak membebani para jemaah haji.

“Meskipun pemerintah kerajaan Arab Saudi menaikan pajak pertambahan sebesar lima persen, kita menargetkan biaya haji bisa turun dari tahun sebelumnya,” kata politisi Golkar asal dapil Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor ini.

Menurutnya, BPIH tahun 2018 masih bisa ditekan dan pelayanan terhadap para jemaah haji tetap bisa ditingkatkan. Termasuk penambahan makan bagi para jemaah haji selama berada di tanah suci.

“Makan (Jemaah haji) di Makkah semula 25 kali menjadi 40 kali,” tutur legislator yang juga Ketua Umum DPP Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) ini.

Deding menyarankan pemerintah agar melakukan efisiensi dan negosiasi mengenai transportasi udara dari tanah air ke Saudi Arabia. Hal itu karena tidak terpengaruh dengan pajak penambahan yang ditetapkan pemerintah kerajaan Arab Saudi. T termasuk negosiasi mengenai hotel dan katering karena item tersebut merupakan bagian yang dibebankan kepada jemaah sebagai biaya direct cost.

“Dalam pembahasan sebelumnya, Kemenag dan Komisi VIII DPR RI juga telah menyepakati sejumlah hal diantaranya living cost masih tetap 1500 riyal,” jelasnya. (kie/mrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco