Jalur Cipanas – Puncak Bogor Ditutup 10 Hari

oleh
Foto: Istimewa
DITUTUP: Jalur Cipanas – Puncak Bogor ditutup sementara selama 10 hari.

CIPANAS – Kementerian Perhubungan (Kemhub) menutup akses jalan di kawasan Puncak Bogor – Ciloto Cipanas Kabupaten Cianjur selama sepuluh hari. Penutupan lalu lintas guna memperbaiki jalan yang terdampak longsor dan memeriksa kembali kelayakan jalan.

Kapolsek Pacet, Kompol Suhartono, menjelaskan
hasil kesepakatan bersama Kementerian PUPR, Dirjen Perhubungan darat Kementerian Perhubungan, BNPB, dan unsur TNI/Polri memutuskan bahwa jalur Cianjur – Bogor via puncak ditutup selama 10 hari ke depan.

“Ini terhitung hari ini Selasa (6/2) dan ditandatangani oleh masing- instansi,” singkatnya.

Masyarakat diimbau bisa menaati kesepakatan ini demi keselamatan dan kenyamanan para pengendara. “Ya, ni kesepakatan bersama harus ditaati demi keselamatan,” jelasnya.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Budi Setiyadi, menjelaskan usai melakukan kunjungan serta rapat koordinasi dengan kepolisian dan pemerintah daerah di sekitar lokasi lonsor di Puncak, jalur Cianjur – Bogor via Puncak resmi ditutup.

“Jadi hasil rapat tadi, mulai hari ini sampai 10 hari ke depan. Semua jenis kendaraan tidak bisa melalui kawasan Puncak (Gunung Mas-Ciloto),” jelasnya.

Menurutnya, seluruh kendaraan hanya mempunyai akses kendaraan dari Bogor hingga Cisarua. Sedangkan, kendaraan yang datang dari arah Cianjur, Cipanas hanya sampai Ciloto.

“Pihak kepolisian mempunyai usulan diskresi (pengecualian) agar hanya sepeda motor yang dapat melintas di kawasan Puncak. Itu juga dilihat dari kondisi dan kepentingan nantinya,” katanya.

Selama sepuluh hari, lanjut Budi akan dilakukan perbaikan jalan dan meninjau ulang kelayakan jalan di Jalur Puncak. Guna memperkuat, alasan itu, Kemenhub akan menuangkan melalui Peraturan Menteri.

“Setelah sepuluh hari kita, evaluasi apakah masih diperlukan penambahan waktu atau cukup. Numun, untuk di Ciloto dipastikan perbaikannya lebih dari sepuluh hari karena bagian bawah jalan terdapat pengeroposan,” paparnya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk bisa memaklumi keputusan menutup akses menuju atau dari Puncak. Untuk sementara, kendaraan dari arah Jakarta/Bogor menuju Cianjur dialihkan menuju Sukabumi dan sebaliknya arah Cianjur menuju Jakarta/Bogor bisa melintasi jalur alternatif Jonggol-Transyogi. (w10/mrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco