Investigasi Penyebab Jembatan Runtuh, PMCK Bentuk Tim

oleh
Foto: Istimewa
PUTUS: Jembatan gantung penghubung dua desa di Kecamatan Leles putus. Sejumlah warga dikabarkan luka akibat kejadian itu.

CIANJUR – Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK) membentuk tim untuk mengkaji penyebab ambruknya Jembatan Cantayan yang melukai 12 orang di Parung Cadas Kecamatan Leles Kabupaten Cianjur, Sabtu (4/2) lalu.

Tim yang dibentuk akan mempelajari terkait isu yang beredar di masyarakat tentang adanya dugaan dugaan pembangunan yang tidak sesuai dengan spesifikasi bangunan jembatan.

“Saya mendengar anggarannya itu mencapai Rp 756 juta,” ujar Bidang Advokasi PMCK, Jaelani SH, baru-baru ini.

Dia mengatakan, tim yang akan segera turun tersebut diharapkan bisa menjawab desas-desus yang terus beredar di masyarakat terkait adanya beberapa dugaan lainnya.

“Ada yang menyebut bahannya juga dicampur seperti untuk pasirnya,” katanya.

Pihaknya berharap ada fakta yang sebenar-benarnya mengenai pembangunan jembatan tersebut.

“Kalau melihat anggarannya cukup fantastis, seharusnya dengan anggaran sebesar itu bisa menghasilkan jembatan yang maksimal,” kata Jaelani.

Ia mengaku miris mendengar para korban yang belum mendapat santunan dan harus mengeluarkan biaya sendiri. “Nanti kami juga advokasi apa keinginan keluarga, saya mendengar mereka ada yang belum sadarkan diri juga,” katanya.

Jaleani mengatakan, langkah yang akan dilakukan pihaknya dari Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul semata mata untuk memberikan rasa keadilan terhadap masyarakat.

Menurutnya, tidak hanya saat ini saja ketika terjadi bencana jembatan ambruk, pihaknya beberapa kali telah melakukan advokasi kepada warga Cianjur selatan khusunya yang memerlukan bantuan.

“Gerakan kami murni sosial, ingin memberi rasa keadilan bagi masyarakat, kami tak ingin masyarakat Cianjur kidul terus dibohongi, dan tak ingin mendengar adanya uang negara yang bocor bocor,” katanya. (ves/mrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco