Tata Kawasan dan Lakukan Penghijauan Segera!

oleh
Foto: Farhaan M Ridwan/Waktunews.com TERGENANG: Salah satu ruas jalan di Cipanas tergenang air.

 

CIPANAS – Bencana alam di Kabupaten Cianjur saat ini meningkat signifikan. Bahkan daerah Kabupaten Cianjur terutama di wilayah Cianjur utara, merupakan salah satu wilayah paling rawan longsor di Indonesia.

Direktur Hukum Komite Peduli Lingkungan Hidup (KPLH) Kabupaten Cianjur, A Supriadi, menjelaskan saat ini longsor dan pergeseran tanah seolah menjadi langganan. Akibatnya, ratusan rumah di Cianjur utara terancam longsor dan saat hujan deras warga terpaksa harus mengungsi.

“Jumlahnya dari tahun ke tahun, seolah meningkat makanya butuh penanganan serius agar bencana tak terjadi setiap tahunnya. Salah satunya pemerintah harus melakukan penataan kawasan dan penegakan aturan dengan konsisten. Titik mana yang boleh dibangun dan yang mana yang tidak boleh dengan mengacu Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” jelasnya.

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur harus menegakan aturan yang sudah ditetapkan Pemprov, atau pemerintah pusat. Seperti dilarang adanya pembangunan di daerah N1 seperti di kaki Gunung Gede tepatnya Desa Sukatani, Ciputri, dan beberapa desa lainnya.

“Tak hanya itu pemerintah juga setelah melakukan penataan harus segera menanam kembali pohon, agar daerah Cipanas, Pacet, dan sekitarnya bisa kembali ke fungsinya sebagai kawasan resapan air,” tuturnya.

Kalau hal ini tidak dilakukan, pastinya setiap curah hujan yang tinggi bencana alam akan terus terjadi. Sedangkan, saat musim kemarau daerah Cipanas yang seharusnya menjadi kawasan resapan air dan subur malah kekeringan.

“Kami jelas tak ingin pergerakan tanah bisa terus menerus terjadi. Makanya, kami mendesak semua pihak baik masyarakat, pemerintah, atau NGO/LSM bisa bersama – sama menjaga lingkungan dan taat kepada aturan yang sudah ditetapkan,” tukasnya. (Farhaan Muhammad Ridwan) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco