Sungai Cariu Meluap, Sawah Terendam, Saluran Air Jebol

oleh
Foto: Shandi Risa Ali/Waktunews.com GOTONG-ROYONG: Warga dan Pemerintah Desa Mangunkerta bergotong-royong membersihkan sisa longsor.

CUGENANG – Sungai Cariu di Desa Mangunkerta Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur meluap, Senin (19/2/2018) sekitar pukul 15.00 Wib. Akibatnya beberapa petak sawah terendam, TPT saluran air Jatun jebol, dan menimbulkan longsor di Kampung Cariu.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sedangkan kerugian material masih dalam pendataan oleh pemerintah desa (pemdes). Pascakejadian, Pemdes Mangunkerta melapor ke Dinas PUPR dan melakukan gotong-royong warga untuk mengevakuasi longsoran tanah, memperbaiki saluran air, dan memperbaiki tebing yang longsor.

Kepala Desa Mangunkerta, Ira Rismayati, mengatakan pihaknya dan warga bahu-membahu bekerjasama memperbaiki saluran air dan memperbaiki tebing yang longsor.

“Pemdes Mangunkerta juga akan mengadakan penggalangan dana untuk memberi bantuan kepada yang terkena musibah,” ujarnya.

Sementara itu saat ditemui seusai survei di lokasi kejadian, Bidang PSDAP Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Hendra, mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan terkait bencana tersebut. “Langkah yang akan dilakukan pascakejadian adalah penembokan atau pengecoran pada titik longsor di sekitar lokasi tersebut,” tambahnya. (Shandi Risa Ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco