UKM Waras Selenggarakan Workshop Menulis Cerpen

oleh
Foto: Gita Hanifa/Waktunews.com ANTUSIAS: Seratusan peserta antusias mengikuti Workshop Menulis Cerpen yang diselenggarakan UKM Waras Unsur Cianjur.

CIANJUR – Unit Kegiatan Mahasiswa Warung Apresiasi Sastra (UKM Waras) Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur menyelenggarakan Workshop Menulis Cerpen di Auditorium Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsur, Sabtu (24/2/2018). Kegiatan tersebut dilaksanakan agar pemuda Cianjur dapat menumbuhkan dan mengembangkan kreatifitas dalam menulis, khususnya sastra.

“Kami ingin mendorong para peserta untuk kreatif dalam menghasilkan suatu karya sastra,” ucap Ketua Panitia Workshop Menulis Cerpen, Adella Gagas.

Kegiatan tersebut berisikan pemaparan manfaat dari menulis khususnya sastra oleh salah satu Dosen PBI FKIP Unsur, Mia Fatimatul Munsi. Lalu pembelajaran proses kreatif dalam pembuatan cerpen yang baik, dan praktik singkat dalam pembuatan cerpen, oleh salah satu aktifis sastra, Kartini F Astuti. Terakhir, terdapat mini konser dari para peserta yang menampilkan karya-karya sastranya di padukan dengan musikalisasi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 150 peserta dari tingkat SMP hingga umum. “Antusiasmenya cukup bagus, bahkan ada yang hadir dari kota Bandung juga,” ucap Gagas.

Selain mendapatkan teori dan proses kreatif dalam menulis sastra, para peserta berkesempatan untuk mengirimkan cerpen hasil karyanya melalui e-mail, yang kemudian akan diseleksi. Hasil karya yang beruntung akan dimuat disalah satu surat kabar.

“Kami kasih waktu seminggu, trus diseleksi, beberapa yang terbilih kami terbitkan,” tukas Gagas

Sementara itu, Kartini F Astuti, menilai kegiatan pelatihan menulis sangatlah penting. Selain dapat mengapresiasi karya satra, juga untuk meminimalisir penggunaan media kepada konten-konten yang tidak baik.

“Di zaman digital ini, semua orang jadi penulis. Kalo kita gak tau ilmunya, kita bisa melukai orang lain dengan berita hoaks, fitnah, atau asal curhat di medsos padahal itu harusnya bisa jadi karya sastra,” tuturnya. (Gita Hanifa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco