Bangkitkan Pariwisata, Pemdes Cimacan Sahkan Perdes K3

oleh
Foto: Farhaan M Ridwan Kepala Desa Cimacan, Dadan Supriatna (pakaian warna putih)

CIPANAS – Pemerintah Desa (Pemdes) Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur telah membentuk dan menyosialisasikan Perdes no 02 tahun 2018 tentang penyelenggaraan ketertiban, kebersihan, dan keindahan (K3) di lingkungan Desa Cimacan. Sedikitnya sekitar 524 pedagang dan 64 orang juru parkir di Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Cibodas ikuti sosialisasi Perdes tersebut.

Kepala Desa Cimacan, Dadan Supriatna, menjelaskan sebagai langkah optimalisasi pengembangan ODTW Cibodas, Cimacan unsur pemerintah Desa Cimacan membentuk Perdes no 02 tahun 2018 tentang K3. Meskipun pembentukan Perdes itu  kewenangan desa, namun tetap pembuatan dan pengesahan melalui musyarawah dengan BPD dan Tokoh masyarakat hingga kajian dan evaluasi.

“Perdes ini berlaku secara umum untuk lingkungan Desa Cimacan, namun khususnya ada point tersendiri di dalamnya mengenai pengelolaan dan penataan ODTW kawasan wisata Cibodas,” tuturnya kepada Waktunews.com, Senin (26/2/2018).

Langkah yang dilakukannya kini dengan melakukan sosialisasi kepada pedagang sekitar 524 pedagang dan 64 orang juru parkir yang sehari – hari di ODTW wisata Cibodas. Untuk pelaksanaanya dilakukan dengan dua sesi berbeda, sehingga pelaksanaan sosialisasi bisa menyeluruh dan tersampaikan kepada pelaku usaha di kawasan wisata Cibodas.

“Kami harapkan dengan dibentuknya Perdes ini kawasan ODTW Cibodas lebih tertata, bersih, dan semakin diminati wisatawan domestik maupun luar negeri,” terangnya.

Menurutnya sebelum melakukan penataan infrastruktur penunjang ODTW, sumber daya manusianya dulu lebih diutamakan sehingga para pedagang bisa ramah, senyum, dan sapa kepada wisatawan.

“Kami pun kini sudah membentuk Tim Koordinator K3 untuk penanganan ketertiban, kebersihan, dan keindahan. Mereka bertugas menjaga areal kawasan ODTW Cibodas, sehingga sampah tidak berserakan dan wisatawan pun akan lebih nyaman ke Cibodas,” ujarnya.

Ditambahkannya untuk retribusi K3 yang dibebankan kepada para pedagang, wisatawan, dan pemasok barang dagangan ke Cibodas ini sesuai Perdes K3. Peruntukannya sendiri untuk biaya penataan Cibodas, operasional petugas kebersihan, serta pengadaan sarana dan prasarana penunjang kebersihan.

“Ini sudah sesuai kesepakatan bersama, antara unsur pemerintahan Desa Cibodas, tokoh masyarakat, dan sudah dituangkan kepada Perdes K3. Diharapkan upaya ini bisa mengangkat Cibodas kembali sebagai salah satu ODTW nasional,” tukasnya. (Farhaan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco