Ratusan Petani Ikan Bersihkan Eceng Gondok Cirata

oleh
Foto: Istimewa

MANDE – Ratusan petani ikan membersihkan bendungan Cirata dari eceng gondok dan sampah, Rabu (28/2/2018). Ada sekitar 20 perahu yang digunakan untuk membersihkan sampah.

Ketua Paguyuban Petani Ikan Cirata, Wawan Setiawan, mengatakan para petani ikut miris melihat kondisi perairan Cirata saat ini yang banyak ditumbuhi dengan eceng gondok. Menurutnya kegiatan bersih bersih Cirata terlahir karena perasaan yang sama, rasa memiliki Cirata.

“Apapun yang terjadi hari ini, jangankan pemerintah semua pasti terdiam melihat lautan eceng gondok saat ini yang memenuhi Cirata,” kata dia kepada wartawan.

Selain perahu yang bergerak, petani di jaring terapung juga diperintahkan untuk membersihkan eceng gondok di sekitar area jaring terapung.

Salah seorang petani ikan, Abah Memet (60), mengatakan pihaknya saat ini sedang mengupayakan ada pihak yang menampung limbah dari eceng gondok.

“Dalam skala kecil ada yang mengambil untuk dijadikan pupuk organik,” kata Memet.

Pihaknya juga berupaya ada yang mengambil dalam skala besar, sehingga mempunyai dampak ekonomi juga bagi petani. Pasalnya limbah eceng gondok bisa didapatkan sepanjang tahu , jika air surut terkadang eceng gondok tertinggal di daratan. (Asep Hendrayana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco