Dengan GISA, Negara Hadir Penuhi Hak Dasar Rakyat

oleh
Foto: Istimewa Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Cianjur, Ginanjar.

CIANJUR – Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan yang diluncurkan pemerintah pusat di Tahun 2018 sudah terlaksana di Kabupaten Cianjur. Maka dari itu, seluruh masayarakat Cianjur wajib sadar akan haknya dalam administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Cianjur, Ginanjar, mengatakan melalui tertibnya administrasi kependudukan yang dimiliki oleh masyarakat, akan menjadi tolak ukur pertama dalam mendapatkan hak dasar lainnya. Misalnya hak memilih dan dipilih, hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas dan hak-hak dasar lainnya.

“Kita akan terus melakukan penyadaran pentingnya administrasi kependudukan di masyarakat,” kata dia, Kamis (1/3/2018).

Ginanjar mengaku, dinas yang dipimpinnya sudah melaksanakan beragam inovasi demi peningkatan layanan terhadap masyarakat, yang membutuhkan kelengkapan pencatatan kependudukan. Seperti keberadaan kendaraan Mobil Sikancil yang selalu siap menyambangi masyarakat dipelosok desa sekalipun.

“Bersama Pak Bupati. dalam setiap ajang Cianjur Ngawangun Lembur pun kita selalu melayani keperluan masayarakat akan e-KTP, KK dan Akta lahir,” akunya.

Belum lagi inovasi kita bekerjasama dengan beberapa intansi. Semua demi tercapainya target administrasi kependudukan itu. Dengan pihak Dinas Pendidikan serta sekolah-sekolah, dari TK sampai tingkat SMA kita lakukan untuk kepentingan akta lahir dan e-KTP. Begitu juga dengan pihak Departemen Agama Cianjur untuk kepentingan e-KTP, KK serta Akta Lahir.

Ginanjar menegaskan, pihaknya sudah mengupayakan pelayanan yang mudah dengan membuka cabang layanan di 5 wilayah. Hal ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat sekitar kecamatan yang ditunjuk, yang jauh dari lokasi kantor dinas. 5 wilayah tersebut masing-masing adalah Sindangbarang, Pacet, Ciranjang, Gekbrong serta Cianjur kota.

“Kami bahkan sudah merencanakan melakukannya di Campaka serta Kadupandak,” pungkasnya. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco