Produksi Bawang Putih Cianjur Sudah Berjalan

oleh
Foto: Istimewa

CIANJUR – Realisasi penanaman bawang putih oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Multi Jaya Giri (Mujagi) yang berada di Kampung Pasir Cina Desa Cipendawa Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, sudah mencapai 6 hektar lahan.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian, Perkebunan, Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, U. Supriatna Hasan mengatakan jumlah lahan itu masih ditanggulangi oleh swadaya masyarakat. Sedangkan target penanaman, sampai bulan Juli 2018 untuk luas lahan 80 hektar.

“Yang dari APBN belum keluar,” paparnya kepada wartawan, baru-baru ini.

Ketua Gapoktan Mujagi, Suhendar, membenarkan ucapan Kabid Holtikultura, bahwa luas lahan yang terealisasi tersebut masih dari milik pribadi para anggotanya. Sedangkan target lahan yang akan dicapai sekitar 80 hektar. Dia menerangkan, dari enam hektar lahan itu, bila sudah tiba saat panen akan menghasilkan 6 ton bawang putih kering untuk setiap hektarnya.

“Bahkan kalau bisa lebih. Waktu panennya adalah 4 bulan dari sekarang,” ucapnya.

Menurut Suhendar, target yang ditentukan optimistis akan tercapai. Hal ini mengingat ketersediaan benih bawang putih dari Sembalun Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah ada. Begitu juga dengan lahan 80 hektar sudah tersedia. Apalagi soal pemasaran, kerjasama dengan pengusaha ekspor dari Kalimantan sudah terjalin.

“Kita tinggal kerja saja,” tutupnya. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco