Pengawasan Dana Desa Diperketat

oleh
Foto: Farhaan M Ridwan/Waktunews.com

SUKARESMI – Pengawasan dana desa begitu ketat saat ini, hingga pelaporan keuangan pun langsung ke Presiden. Berbagai pelatihan dan pertemuan pun gencar dilakukan, demi terciptanya pengelolaan dana desa yang baik sesuai aturan.

Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Sukaresmi, Riza Nurmansyah, menjelaskan setiap sebulan sekali pengawasan dan pertemuan digelar bersama 11 kepala dan perangkat desa di Kecamatan Sukaresmi. Upaya ini diharapkan bisa terciptanya kesepahaman di lingkup perangkat desa.
“Tak main-main pelaporan pun kini secara berkala ditujukan kepada BPK Provinsi, KPK, Polri, hingga langsung ke Presiden RI melalui Kementerian Desa. Makanya pengelolaan dana desa pun harus matang,” paparnya.
Menurutnya, seluruh kepala desa agar hati-hati dan selalu berkoordinasi dengan semua pihak terkait penggunaan dan pengelolaan dana desa karena pengawasan sekarang ini semakin ketat.
“Saya ingatkan, jangan sampai ada masalah dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa khususnya di Kecamatan Sukaresmi. Perhatikan pengelolaan keuangan desa dan harus berkoordinasi dengan semua pihak, terkhusus antara Kepala Desa dan Ketua BPD,” tegasnya.
Seyogyanya dana desa ini amat bermanfaat demi perkembangan pembangunan di desa, dan pemberdayaan masyarakat desa.  Sehingga diharapkan perguliran dana desa ini bisa bermanfaat untuk masyarakat.
“Untuk lingkup desa di Kecamatan Sukaresmi ada pertambahan nilai dana desa dalam setahun desa bisa menerima, Rp 800 juta hingga Rp 1,2 miliar dan yang menjadi dasar hitungan kontur wilayah desa dan perkotaan,” tambah Kasie Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Sukaresmi, Dedi Ruhyat.
Sejauh ini untuk desa di Kecamatan Sukaresmi tidak ada kendala yang ditemukan. Diharapkan dengan banyakannya pengawasan pengelolaan dana desa bisa lebih baik, dan pengawasan ini bisa mempermudah dalam pelaksanaannya.
“Jadi, koordinasi secara berkala seperti yang kita laksanakan pada saat ini sangatlah penting, khususnya dalam rangka pelaksanaan pembangunan di desa-desa yang ada,” tukasnya. (Farhaan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco