Meriahnya Fikom Fest Unpi 2018

oleh
Foto: Gita Hanifa/Waktunews.com

CIANJUR – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Putra Indonesia (Fikom Unpi) menggelar acara festival dan seminar bertajuk “Fikom Fest 2018”, Sabtu (10/03/2018) di Auditorium Yuyun Moeslim Taher UNPI. Fikom Fest merupakan acara festival tahunan yang diselenggarakan oleh Fikom UNPI, yang berisikan seminar dan juga performance dari para seniman Unpi.

“Ini merupakan tahun ketiga kami menggelar acara Fikom Fest,” ucap Astri Dwi Andriani, salah satu dosen di Fikom Unpi, yang juga menjadi pembina acara Fikom Fest 2018.

Tema Fikom Fest pada tahun ini yaitu mengenai literasi media digital, dengan menggandeng Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI. Astri menuturkan, tema tersebut diambil dengan harapan masyarakat Cianjur dapat dengan lebih cerdas dan bijak dalam memilih konten digital, melihat maraknya berita hoax atau berita yang dipalsukan dan direkayasa, ujaran kebencian, dan juga konten negatif lainnya.

“Mudah-mudahan dengan ini masyarakat Cianjur khususnya remaja jadi punya filter, bisa nyaring informasi apapun yang masuk, gak asal percaya aja,” ujar Astri.

Materi yang disampaikan dalam seminar Fikom Fest 2018 yaitu mengenai pemaparan video games yang sehat untuk remaja, oleh Maykada Harjono dari Kemenkominfo RI, hak-hak anak pada era digital, oleh Khemal Andrias, sebagai founder dari Next Generation Indonesia (NXG Indonesia), dan communicatrick yaitu trik berkomunikasi agar disukai oranglain oleh Aditya Iman, sebagai trainer dan motivator nasional.

Selain seminar, Fikom Fest 2018-pun menampilkan beberapa performance untuk menghibur para peserta yang hadir, di antaranya Lowkey dan Fikomers Band yaitu band yang terbentuk dari beberapa mahasiswa Unpi. Sedangkan yang paling para peserta tunggu yaitu, penampilan dari Andhika Wira SkinnyFabs, salah satu selebgram yang akhir-akhir ini viral.

“Ini pertama kalinya saya ke Cianjur, Unpi dan Cianjur kece. Seru, pesertanya antusias banget, gak nyangka aja kirain Cianjur itu gak kenal saya gitu, haha,” canda Andhika Wira pada wartawan waktunews.com.

Foto: Istimewa

Tak hanya itu, Said Ambiya, selaku ketua pelaksana Fikom Fest 2018 pun mengatakan, bahwa acara tersebut dimaksudkan salah satunya untuk mengenalkan dan mempublikasikan fakultas ilmu komunikasi dari UNPI kepada masyarakat Cianjur. Khususnya kepada siswa-siswi sekolah yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

“Kami ingin mempublikasikan dengan acara seperti ini bahwa di Cianjur juga ada loh fakultas ilmu komunikasi, dan gak kalah bagus sama yang di luar kota,” ucapnya.

Antusias masyarakat Cianjur cukup besar, khususnya para pelajar dengan 550 peserta yang 60 persen merupakan siswa-siswi SMK dan SMA. Sisanya merupakan peserta dari mahasiswa dan umum. Para peserta yang hadir mendapatkan sertifikat yang diberikan oleh Fikom UNPI, dan beberapa yang beruntung mendapatkan doorprize menarik.

Acara ditutup oleh penampilan Andhika Wira dengan menyanyikan beberapa lagu, yang membuat para peserta hanyut. Andhika Wira mengaku sangat senang dan salut dengan acara Fikom Fest 2018 ini.

Foto: Gita Hanifa/Waktunews.com

“Saya suka banget sama acaranya, semoga ke depannya makin berkembang, dari kualitas panggung, untuk soundnya tadi bagus banget, dan semoga bisa menghadirkan bintang tamu yang keren-keren lagi kayak saya misalnya, hahaha,” ucapnya dengan diselingi canda. (Gita Hanifa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco