Imbauan Kantor Imigrasi untuk Calon Jemaah Haji Cianjur

oleh
Foto: Shandi Risa Ali/Waktunews.com Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi

CIANJUR – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur siap membantu calon jemaah haji memenuhi persyaratan dan persiapan keberangkatan. Hal itu diharapkan dapat membuat jemaah haji menjadi haji yang mandiri yang paham dan menguasai tata cara menjalankan ibadah haji, sehingga tidak tergantung pada pembimbing.

Mamat, pelaksana sekaligus penanggung jawab dokumen keberangkatan haji, menuturkan selama ini tidak ditemukan adanya kendala yang krusial. Hal itu diungkapkanya saat ditemui di Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, baru-baru ini.

“Paling hanya berkas administrasi kenegaraannya yang beda, antara KK dan E-KTP serta calon yang tidak segera menyelesaikan dokumen. Sambil berjalan dengan bantuan dari beberapa rekan pers yang siap membantu sehingga saat ini persiapan sudah mencapai sekira 95 persen aman,” paparnya.

Berdasarkan data dari Kemenag Cianjur, calon jumlah haji tahun ini yang sudah terdaftar ada sebanyak 1.382. Jumlah terbanyak berasal dari Kecamatan Cianjur dan Karangtengah.

Sementara itu Kepala Seksi Lalintuskim Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Dendi Surya Agung, mengatakan sejak jauh hari pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kemenag Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, dan Kota Sukabumi. Semua sudah diatur sesuai jadwal, pengurusnya dilakukan secara bergantian pada jam kerja setiap pekan. “Alhamdulillah semua lancar tak ada kendala,” paparnya.

Masih dikatakannya, untuk menghindari penumpukan pembuatan paspor haji pada saat keberangkatan, ada baiknya para calon mempersiapkan paspor enam sampai satu tahun sebelumnya. “Sehingga tidak perlu mengantri di Kantor Imigrasi,” pungkasnya. (Shandi Risa Ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco