Warga Kampung Nagrok Turun ke Sungai, Ada Apa?

oleh
Foto: Istimewa

CIANJUR – Warga Kampung Nagrog dan Cikadu Desa Gasol Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur turun ke Sungai Cibanteng, Jumat (23/3/2018). Mereka membenahi saluran air yang menjadi sentra pengairan lahan pertanian seluas 70 Hektar serta permukiman warga Desa Gasol dan Benjot Kecamatan Cugenang.

Pembenahan saluran air di sungai Cibanteng tersebut merupakan Kesadaran masyarakat yang prihatin. Terlebih sungai tersebut pernah banjir yang mengakibatkan para petani merugi. Banyak petani yang mengeluhkannya, tetapi tidak berani melapor total kerugian karena mereka sadar hal tersebut murni kecelakaan faktor alam.
Ajat, salah satu ketua RT yang turut mengevakuasi sisa banjir Sungai Cibanteng, mengatakan bahwa kerja bakti yang dilaksanakan oleh empat RT di Kampung Nagrog dan Cikadu merupakan kegiatan rutin masyarakat Desa Gasol. Biasanya di jalan desa dan halaman rumah masing-masing, hari ini dilaksanakan pembenahan saluran air Sungai Cibanteng.
“Bukan kali pertama kegiatan kerja bakti tersebut dilakukan, melainkan sudah menjadi agenda rutin warga di kampung,” paparnya.
Ditemui di lokasi, Kepala Desa Gasol, Angga Kartiwa, menyampaikan bahwa saluran air Cibanteng merupakan sentral pengairan lahan pesawahan warga yang sangat luas. Maka dari itu harus betu-betul dipelihara oleh masyarakat setempat maupun oleh dinas terkait.
“Melihat harga bahan pangan terus meningkat sementara perekonomian masyarakat di Desa Gasol ini adalah petani, saya sangat mengharapkan adanya perhatian khusus dari pemerintah. Sejauh ini belum pernah ada perhatian sama sekali,” ujarnya. (Shandi Risa Ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco