Sebanyak 1987 Siswa Paket C Ikuti UASBN

oleh
Foto: Waktunews.com MONITORING: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur saat monitoring UASBN di PKBM Ciimbangsari Karangtengah Cianjur.

Suasana Ujian di PKBM Ciimbangsari Dibuat Nyaman

CIANJUR – Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) hari pertama di Kabupaten Cianjur berlangsung lancar.  Pelaksanaannya diciptakan dengan suasana tenang dan menyenangkan, sehingga siswa lebih konsentrasi saat mengerjakan soal. Selain itu, UASBN dimaksudkan untuk meningkatkan angka lama sekolah di Cianjur.

Suasana tersebut salah satunya terlihat saat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi, melakukan monitoring UASBN di PKBM Ciimbangsari Kecamatan Karangtengah. Siswa dengan tekun mengerjakan soal di dalam ruangan yang bersih dan nyaman.

Didampingi Kasi Dikmas Disdik Cianjur, Muksin Said, Ketua Forum PKBM, Iwan Ruswandi, Sekretaris Deni Abdul Kholik, dan Panilik PLS Kecamatan Karangtengah, Nehru Afandi meninjau ruangan ujian. Cecep masuk ke dalam ruang ujian, bahkan juga sempat berbincang dengan siswa. Dengan tangkas siswa tersebut menjawab pertanyaan yang dilontarkan Cecep.

Ketua PKBM Ciimbangsari, Ade Saepuloh, mengaku suasana ruang dan lingkungan sekolah sengaja dibuat menyenangkan. Keadaan tersebut dimaksudkan agar siswa tidak tegang saat mengerjakan soal ujian.

“Dengan suasana yang nyaman mulai masuk gerbang sekolah, secara psikologis membuat siswa menjadi tenang sehingga dapat lebih konsentrasi mengerjakan soal. Pokoknya dibuat senyaman mungkin,” tuturnya.


Foto: Waktunews.com
MENGERJAKAN SOAL: Siswa dan siswi PKBM Ciimbangsari Kecamatan Karangtengah Cianjur sedang mengerjakan soal.

Ade menerangkan, jumlah peserta ujian sekolah paket C atau setara SMA sebanyak 68 orang. Mereka harus mengisi soal sebanyak 11 mata pelajaran. Di antaranya, Matimatika, PPKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lainnya. Sedangkan pelaksanaan UASBN dilaksanakan selama empat hari Sabtu dan Minggu (24 sd 25), dan Sabtu dan Minggu (31 sd 1 April).

Ketua Forum PKBM Kabupaten Cianjur, Iwan Ruswandi, didampingi Sekretaris, Deni Abdul Kholik, menerangkan berdasarkan hasil monitoring bersama Kadisdik Cianjur di sejumlah PKBM berjalan lancar. Karena persiapan untuk menghadapi UASBN sudah dipersiapkan jauh hari oleh masing-masing PKBM.

“Kami juga sudah siap menghadapi ujian berbasis komputer pada bulan April mendatang,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi, mengatakan jumlah peserta UASBN kali ini diikuti 1.987 siswa paket C setara SMA. “Secara umum ujian berjalan lancar, tidak ada persoalan baik menyangkut pelaksanaan maupun distribusi soal,” tuturnya.

Cecep menerangkan, Disdikbud Cianjur sedang menargetkan percepatan angka lama sekolah. Dengan tujuan pendidikan di Cianjur lebih maju lagi. “Sesuai visi misi Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar, Cianjur harus maju dan agamis. Kami akan mengejar itu melalui pendidikan lebih maju lagi” imbuhnya. (Waktunews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco