Kopi Arabika Java Preanger Dikembangkan di Cianjur

oleh
Foto: Humas Setda Kabupaten Cianjur
CIANJUR – Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, menyerahkan sebanyak 75 ribu bibit pohon Kopi Arabika Java Preanger di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, Minggu (25/3/2018). Puluhan ribu bibit pohon itu diberikan untuk ditanam dan dikembangkan oleh masyarakat.
Dikutip dari Cianjurkab.go.id, penanaman bibit kopi tersebut diprakarsai oleh Laskar Ampera Angkatan 66 Kabupaten Cianjur. Kopi tersebut menurut Bupati Cianjur adalah jenis kopi yang pernah menjadi ikon dan merajai kawasan Eropa, dimana Kabupaten Cianjur menjadi penyuplai pasar kopi Eropa.
Oleh karenanya menurut Bupati Cianjur, pengembangan jenis kopi ini menjadi tanggung jawab bersama. Terutama dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi petani saat ini, seperti akses terhadap lahan, tata ara menanam kopi yang baik serta masalah permodalan dan pemasaran.
Menurut Bupati Cianjur, petani bisa mengolah lahan terlantar atau lahan tidur yang kurang produktif dan bekerjasama dengan Perum Perhutani. Dengan demikian ke depannya diharapkan wilayah Kecamatan Campaka dan Sukanagara, Kopi Arabika Java Preanger menjadi potensi unggulan.
Bupati juga menambahkan, khusus untuk pengolahan, pendistribusian dan pemasaran petani bisa bekerja sama dengan Badan Usaha yang telah dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur yaitu BUMD Cianjur Jago Niaga. Bupati berharap, Cianjur ke depan kembali merajai pasar tidak hanya ditingkat nasional bahkan dunia. (Waktunews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco