Awi Garing STAI Al-Azhary Cianjur Disambut Antusias

oleh

CIANJUR – Gerakan Pramuka STAI Al-Azhary Cianjur Racana KH Abdullah Bin Nuh dan Laksminingrat menggelar kegiatan Arena Wide Game Al-Azhary Pramuka Penggalang dan Penegak (Awi Garing Ke-IV) 2018, Minggu (25/3/2018). Kegiatan itu diikuti oleh Pramuka tingkat Penggalang SD/MI dan SMP/MTs. Lalu pada Sabtu-Minggu (31/3/2018 – 1/4/2018) untuk Pramuka tingkat Penegak SMA/MA/SMK Se-Kwartir Cabang Cianjur.

Tema Kegiatan ini disamakan dengan amsal racana KH. Abdullah Bin Nuh & Laksminingrat, yakni “Sareundeuk Saigel Sabobot Sapihanean”. Kegiatan itu diikuti oleh 1.104 peserta yang terdiri dari 25 regu Penggalang SD/MI sebanyak 10 Pangkalan, 40 regu Penggalang SMP/MTs sebanyak 19 Pangkalan dan 73 sangga Penegak SMA/MA/SMK 29 Pangkalan.

Foto: Istimewa

Pembina Gudep STAI Al-Azhary, Ujang Saepudin, mengatakan kegiatan tersebut benar-benar memberikan konsep positif. Kegiatan itu merupakan wadah untuk menampung sekaligus menguji seberapa matangnya potensi kaum muda penerus bangsa.

“Khususnya sangat senang dengan Kepramukaan dan juga sebagai ajang penghargaan para Pembina dan pelatih muda se-Kwarcab Cianjur,” tuturnya.

Ketua Dewan Racana, Robi Hidayatuloh, mengatakan, Awi Garing Ke-IV dilakukan dalam rangka Milad Racana yang Ke-7 setelah dirintis pada tahun 2011 oleh Rustiman. Kegiatan itu akan terus-menerus tiap tahunnya harus diselenggarakan.

“Selain ajang silaturahmi tentu kegiatan Awi Garing ke-IV ini mencerminkan bahwa dalam kepramukaan sangat mengedepankan sebuah proses orientasi, untuk menciptakan kaum muda yang siap tempur dan siap berguna di masyarakat bukan menjadi sampah masyarakat. Adapun kompetisi itu hanyalah bagian,” ujarnya

Bukan hanya untuk mengumpulkan anggota Pramuka saja, tapi kegiatan ini menjadi indikator capaian anggota Pramuka dalam menyelesaikan SKU dan SKK di Pangkalannya masing-masing, dengan tumpuan mata lomba di tingkat penggalang. Seperti PU dan PK, Pionering, Peta Pita, Menaksir, Isyarat Semboyan, Miniatur Sekolah dan Dinamika Regu.

“Sedangkan Mata Lomba tingkat Penegak seperti Gladi Lintas Medan, PU dan PK, Peta Pita, Bivak, Halang Rintang, Media Sosial, Awi Garing Idol, LVBB dan Alat teknologi sederhana,” tambah Ketua Reka Kerja, Asep Suherlan.

Antusias para peserta mengenai kegiatan disambut positif dan dengan hati yang penuh gembira. Awi Garing Ke-IV ini ditutup dengan Upacara Penutupan sekaligus tiup lilin dan potong tumpeng oleh Ujang Saepudin, Rustiman, Robi Hidayatuloh, dan Lusi Ayu Lestari sebagai puncak perayaan Milad Racana Ke-7 serta Pembagian Trophy kejuaraan. (Waktunews.com)

Berikut daftar Juara Umum Penggalang SD/MI
1. SDN Al-Ikhlas
2. SDN Ciranjang Girang 2
3. MI Miftahul Falah

Daftar Juara Umum Penggalang SMP/MTs
1. MTs Islamiah Sayang
2. MTs 6 Cianjur
3. SMPN 2 Cilaku

Daftar Juara Umum Penegak SMA/MA/SMK
1. SMA Ma’arif Pacet
2. SMKN 1 Cipanas
3. SMKN 2 Cilaku

Semoga Kegiatan AWI GARING ini dapat terus tiap tahunnya terselenggara, dan kami tunggu kakak-kakak semua di Awi Garing 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco