Panwaslu Berikan Sosialisasi bagi Penyandang Disabilitas

oleh
Foto: Asep Hendrayana/waktunews.com

CIANJUR – Panwaslu Kabupaten Cianjur menggelar Sosialisasi Pemilu Partisipatif bagi penyandang disabilitas guna mengoptimalkan peserta pemilu pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, di Hotel Sangga Buana Convention Center Pacet Cipanas Cianjur. Rabu, (04/04).

Materi pertama disampaikan oleh Tatang Sumarna sebagai Kordiv Penindakan pelanggaran. Dalam materinya tatang menjelaskan kepada penyandang disabilitas tentang pelanggaran – pelanggaran mengenai potensi pelanggaran Kampanye yang umumya terjadi namun tidak disadari oleh masyarakat, diantaranya politik uang, pembagian sembako dan kegiatan kompetisi yang di akhir mengajak masyarakat untuk memilih salah satu calon.

“Jika ada salahsatu calon peserta pemilu mengadakan sebuah kegiatan lalu dengan komitmen harus memilih yang bersangkutan, maka itu termasuk kepada pelanggaran pidana pemilu, tapi jika mengadakan kegiatan tersebut tidak mengharuskan memilih yang bersangkutan maka kegiatan tersebut disahkan saja,” kata Tatang.

Sekretariat Bawaslu Jawa Barat, Drs. Eliazar Barus, M.Si. mengatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama dalam momentum pemilihan umum, tak terkecuali para penyandang disabilitas. Meskipun harus dengan pelayanan khusus, tetapi negara hadir untuk memenuhi hak tersebut dengan diwakilkan kepada penyelenggara pemilu yaitu KPU yang akan mempersiapkan perlengkapan khusus bagi para penyandang disabilitas agar hak politiknya terpenuhi.

“Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan kepada para penyandang disabilitas, agar senantiasa turut aktif dalam momentum Pemilihan Umum, hal ini sangat penting karna mau tidak mau kemajuan suatu daerah tergantun gsiapa yang memimpinya. Serta jangan sampai kita dalam proses melahirkan kepala daerah disertai kecurangan oleh beberapa pihak dengan menggunakan cara yang tidak di benarkan olehUndang-Undang” kata Eliazar. (Asep Hendrayana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco