MPR: Hidupkan Kembali Penataran P4

oleh
Foto: Istimewa Deding Ishak

JAKARTA – Anggota MPR RI, Deding Ishak, mengusulkan agar Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila) dihidupkan kembali. Selain itu lembaga seperti Badan Pembina Pendidikan Pelaksaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP7) dibentuk lagi.

Alasan Deding perlunya dihidupkan kembali P4 dan BP7 karena semangat kehidupan berbangsa semakin kendur. Bahkan dengan tidak adanya lembaga yang membina ideologi Pancasila maka banyak ideologi lain yang mengakar dan berkembang di tengah masyarakat dan bertentangan dengan Pancasila.

“Pancasila itu sudah disepakati oleh para pendiri bangsa sebagai ideologi negara. Tidak ada lagi ideologi di Indonesia selain Pancasila. Tetapi faktanya sekarang banyak ideologi yang bersifat ekstrem kiri maupun ekstrem kanan dan dibiarkan berkembang,” kata Deding ketika menyampaikan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di DPD Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (21/4).

Menurut Deding, masyarakat tidak bisa dibiarkan memilih ideologi sendiri dan mengembangkan ideologi non-Pancasila berkembang di Indonesia. Oleh sebab itulah dia menilai perlu dihidupkannya Penatatan P4 dan pembentukan lagi lembaga pembina Pancasila seperti BP7. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco