Banjir Cidaun Rendam ratusan Rumah

oleh
Foto: Istimewa,
Salah seorang warga Kecamatan Cidaun berdiri mengawasi anak Sungai Cidaun yang turut merendam pemukiman warga.

CIANJUR – Tingginya intenitas hujan yang mengguyur Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur pada Rabu,(25/04/2018)sore Kemarin, mengkibatkan sungai Cidamar meluap hingga merendam hektaran sawah dan perkampungan. Ratusan wargapun trpaksa harus di evakuasi ke tempat aman.

Bahkan akibat terus meluapnya air sungai menyebabkan jalur menuju Bandung atau sebaliknya, tidak dapat dilalui, karena landasan jalan sepanjang ratusan meter tertutup air bah. Sampai saat berita ini diturunkan, belum ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian materil diperkirakan mencapai milyaran rupiah.

Suherlan, Camat Cidaun mengatakan hingga saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan terkait rumah warga yang terndam banjir. Pihaknya juga belum menerima laporan adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun saat ini ratusan kepala keluarga diungsikan ke tempat aman.

“Data pastinya berapa rumah yang terendam masih dalam pendataan tim relawan dan pihak kecamatan,” katanya

Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com,
Sungai Cidamar yang meluap akibat intensitas curah hujan sejak pagi hingga siang menyebabkab pula jalur utama Cidaun menuju Bandung terputus.

Sedangkan Gunawan (47) Ketua RW 02 Kampung Limbangan menerangkan, hujan yang turun deras sejak pagi hingga siang menyebabkan Sungai Cidamar meluap hingga masuk ke perkampungan warga.  Menjelang sore, air sudah mulai surut namun air masih mengenangi 140 rumah warga tiga kampung di Desa Sukajadi. Luapan air pun menutup akses jembatan penghubung antar kabupaten Bandung-Cianjur, sehingga tidak dapat dilalui kendaran.

“Warga yang melihat air sungai yang semakin deras dan tinggi berlarian ke arah perbukitan untuk menyelamatkan anggota keluarga dan harta bendanya masing-masing. Kemungkinan besar air masuk ke perkampungan karena tanggul sungai jebol, namun kami belum bisa memastikan,” pungkasnya. (Asep Hendrayana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco