Cianjur Diserbu Robot dari Luar Daerah

oleh
Foto: Asep Hendrayana/ waktunews.com,
Para peserta Lomba Cianjur Robotik Game sedang unjuk kebolehan demi meraih prestasi terbaik. Dari lomba seperti ini, diharapkan pelajar Cianjur mampu berbicara banyak diajang robotic internasional.

CIANJUR – Untuk kali pertama, Cianjur diserbu robot dari berbagai daerah. Robot-robot tersebut dibawa oleh 130 pelajar datang ke Cianjur tak lain untuk mengikuti lomba robotik yang bertema Cianjur Robotik Game (RGC). yang diselenggarakan  di  Citimall Cianjur, Rabu (25/08/2018).

Kompetisi Robotic perdana di Kota Santri yang dibuka oleh Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman ini diikuti peserta mulai tingkatan SD sampai perguruan tinggi dari Kabupaten Cianjur, kota Bandung, Bogor dan beberapa kota lain di Jawa Barat. Bahkan peserta dari Surabaya pun tak mau ketinggalan unjuk kebolehnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman,  mengaku bangga dengan terselenggaranya kompetisi robot Tingkat Provinsi di Tatar Santri. Pasalnya, sektor pendidikan bisa lebih maju melalui bidang teknologi.

Dia pun berjanji akan mendukung segala bentuk usaha dari MyRobo atau pelajar yang menggelar bidang Robotic. Diharapkan, melalui robot, Cianjur bisa meraih prestasi di berbagai tingkatan, hingga ke tingkat Internasional.

“Sebelumnya kan sudah ada prestasi, pelajar Cianjur menjadi juara dalam kompetisi robot di Singapura. Diharapkan ke depan semakin banyak lagi yang menggelar Robotic ini, umumnya di bidang teknologi untuk membawa nama baik Cianjur,” tuturnya.

Sedangkan Founder MyRobo, H Aditya Sugiharto menuturkan, digelarnya kompetisi robot di Cianjur ini berawal dari dikembangkannya pendidikan khusus dunia robot di kota ini. Dan untuk lebih berkembangnya dunia robot perlu dibuat sebuah perlombaan atas hasil pembinaan.
“Di abad 21 ini, robot menjadi salah satu yang diunggulkan. Makanya di sejumlah sekolah dibentuk pendidikan khusus teknis robot. Bahkan sudah ada yang mencapai prestasi yang memuaskan. Makanya digelar kompetisi ini,” kata dia.

Ditargetkan juga bakal ada kompetisi robot yang lebih besar, bukan hanya tingkat provinsi namun mencakup peserta di tingkat nasional, dengan harapan, dunia robotic dan teknologi bisa lebih berkembang di Kabupaten Cianjur.

“Dikemudian hari, akan diperbanyak jumlah sekolah yang kejuruan pendidikan robot,” ujarnya. (Asep Hendrayana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco