Jalur Selatan Cianjur – Bandung Tertutup Longsor

oleh
Foto: Asep Hendrayana/ waktunews.com,
Warga Kecamatan Naringgul yang hendak menuju Bandung terpaksa harus berbalik arah karena jalur utama selatan Cianjur tersebut tertutu material longsoran setinggi satu meter dan panjang hingga 100 meter kedepan.

NARINGGUL – Curah hujan yang tinggi melanda Kecamatan Naringgul wilayah Cianjur selatan, Rabu (24 April 2018) sore. Mengakibatkan jalur selatan, Cianjur-Bandung, terputus karena tertutup material longsor setinggi satu meter dan panjang 100 meter. Tepatnya di Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul.

Rahmat, salah seorang warga sekitar menuturkan, hingga saat ini, arus lalulintas di sepanjang jalur tersebut lumpuh total. Warga terpaksa berbalik arah atau membatalkan perjalanan karena hingga sore menjelang, belum ada alat berat yang datang untuk menyingkirkan material longsoran tersebut.

“Sampai sore menjelang belum ada petugas yang datang ke lokasi, termasuk alat berat. Kalau mengunakan alat manual cukup sulit karena material longsor cukup panjang dan tinggi, beruapa tanah, batu dan pohonan yang cukup besar,” tuturnya.

Menurutnya, longsor terjadi menjelang siang saat hujan turun deras menguyur terus. Akibatnya, tebing setinggi 75 meter dibahu jalan longsor dan menutup badan jalan utama Bandung-Cianjur.

“ Setahu saya, tidak ada korban jiwa saat peristiwa itu terjadi,” katanya.

Namun akses jalan menuju Bandung, lanjut Rahmat, atau sebaliknya, tidak dapat dilalui kendaraan. Pihak desa telah melaporkan hal tersebut ke dinas terkait di Pemkab Cianjur melalui kecamatan. Namun hingga sore menjelang belum ada penangganan.

“Kami berharap dinas terkait segera turun dan membereskan material longsong. Karena ini merupakan jalan utama yang menghubungkan dua kabupaten,” ucapnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Dodi Permadi mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu pendataan dari lapangan. Namun dia juga mengaku telah berkordinasi dengan PUPR Jabar untuk segera menurunkan alat berat guna menyingkirkan material longsor di naringgul.

“Kami telah meluncurkan petugas kelapangan dan berkordinasi dengan PUPR Jabar untuk menurunkan alat berat guna membersihkan material longsor. Agar jalur utama Bandung – Cianjur Selatan dapat segera diakses kembali,” tutupsnya. (Asep Hendrayana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco