Panwaskab Cianjur Pertajam Fungsi Penanganan Pelanggaran Pemilu

oleh

 

Foto: Farhan Muhammad Ridwan/ waktunews.com,
Bimtek Penanganan Sengketa Pemilu kepada Panwascam se-Kabupaten Cianjur agar segala penanganan pelanggaran dan sengketa Pemilu mampu disesaikan dengan musyawarah dan mufakat.

CIPANAS – Panwascam se-Kabupaten Cianjur gelar Bimbingan Teknis di Hotel Yasmin Cipanas. Upaya ini untuk lebih mempertajam fungsi pengawasan dalam hal penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pemilu.

Eliazar Barus, Kepala Sekretariat Bawaslu Jabar berharap, Panwascam di Kabupaten Cianjur mampu memahami prosedur penindakan pelanggaran dan sengketa dengan cepat dan tepat. Serta mampu  mengutamakan musyawarah mufakat terlebih dahulu untuk penyelesaian sengketa itu sendiri.

“Panwascam harus memahami pendelegasian kewenangan, dengan tetap mengedepankan konsultasi dengan Panwaskab,” ujarnya.

Eliazar mengatakan, untuk contoh penyelesaian sengketa misalnya, ada jadwal kampanye dari dua pasangan calon di tempat yang berdekatan. Maka, Panwascam harus berinisiatif mempertemukan dua tim kampanye untuk membahas waktu agar tak bentrok dan bisa berlaku adil sehingga pembagian waktu diterima oleh kedua pihak.

“Perubahan waktu juga harus seizin dan hasil konsultasi dengan Panwaskab terlebih dahulu,” katanya.

Eliazar memaparkan, untuk penanganan pelanggaran, Panwascam harus mengumpulkan bukti awal kalau ada laporan masyarakat harus disertai dengan adanya bukti awal yang kuat. Maka, setelah itu panwascam merespons dengan cepat.

“Dari hasil rangkuman sementara  ada beberapa kecamatan yang sudah melakukan pelaporan ke Panwaskab yakni Kecamatan Cibinong, Cijati, Pacet, dan Cianjur,” tutupnya. (Farhan Muhammad Ridwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco