Tokoh Penggagas Tolak Kecamatan Naringgul Pindah Kantor

oleh
Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com,
Kantor Kecamatan Naringgul di Desa Naringgul yang dipertahankan oleh para tokoh penggagas pemekaran dari Kecamatan Cidaun.

NARINGGUL – Rencana pemindahan Kantor Kecamatan Naringgul ke wilayah  Desa Wangunjaya ditolak tokoh  masyarakat dan para tokoh penggagas awal berdirinya Kecamatan Naringgul. Alasannya hal itu bukanlah kehendak masyarakat luas, atau para tokoh sejarah perintis pemekaran Naringgul dari Kecamatan Cidaun dulu.

Atim mahmud ( 77 ), salah seorang tokoh perintis pamekaran Kecamatan Naringgul menyesalkan rencana pemindahan kantor kecamatan dari Desa Naringgul ke Desa Wangunjaya yang tidak mengikutsertakan para tokoh pendiri yang masih ada.

”Kami yang dulu memperjuangkan berdirinya Kecamatan Naringgul, merasa tidak dianggap sama sekali,” sorotnya.

Menurut Atim, dimekarkannya Kecamatan Naringgul dari Cidaun karena jarak tempuh terlalu jauh bila ada keperluan ke kantor kecamatan. Waktu dulu ada 5 desa yang menginduk ke Kecamatan Cidaun, terdiri dari Desa Cidaun, Cibuluh, Cikareo, Cisalak dan DesaNaringgul.

“Bagi kami, ini melabrak sejarah kalau kantor kecamatan ada di luar Desa Naringgul,” ucapnya.

Hal yang senada juga keluar dari salah satu tokoh penggagas mekarnya Kecamatan Naringgul, Kanda warman (63) yang memaparkan pada tanggal 20 Desember 1983, ada 4 wilayah yang mengajukan pamekaran kecamatan ke Pemerintah Kabupaten Cianjur. Yakni Naringgul, Takokak, Tanggung dan Agrabinta.

“Sampai berhasil di SK kan oleh Departemen Dalam Negeri,” paparnya.

Dulu sebelum diberi nama Kecamatan Naringgul, lanjut Kanda, dari pihak Pemerintah Kabupaten Cianjur menwarakan nama Kecamatan Wanaraja, tapi para tokoh menolak dengan alasan nama tersebut bukan nama desa asal kecamatan baru berdiri. Setelah sepakat dengan nama Naringgul, para tokoh bermusyawarah kembali untuk menentukan titik lokasi kantornya. Saat itu ada yang mengusulkan di Balegede. Tetapi hasil akhirnya adalah Desa Naringgul sebagai titik letak kantor kecamatan.

Menurut Kanda, disepakatinya Desa Naringgul disebabkan wilayhnya mudah di jangakau oleh masyarakat dari wilayah atau calon desa lain dikemudian hari. Jumlah Desa yang berada di Kecamatan Naringgul saat ini adalah Desa Naringgul,  Desa Balegede, Desa Cinerang, Desa Mekarsari, Desa Wangunsari, Desa Wangunjaya, Desa Wanasari, Desa Sukabakti, Desa Sukamulya, Desa Malati dan Desa Margasari.

“Inilah hasil perjalanan kami para penggagas Kecamatan Naringgul. Yang saat ini sangat keberatan adanya pemindahan kantor kecamatan,” pungkas Kanda. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco