Rois Syuriah PC NU Cianjur minta Keluarganya Tidak Menuntut Ustad Umar

oleh
Foto: Istimewa KH. Abdul Qodir Rozy, Ketua Rois Syuriah PC NU Kabupaten Cianjur (kursi roda), saat menerima kunjungan Buya Yahya (Cirebon) di rumahnya, minta pihak keluarganya tidak menuntut ke jalur hukum atas dugaan manipulasi tandatangannya untuk demo Kompak tanggal 9 Mei 2018 kemarin. Menurutnya biar Allah SWT yang membuka kebenaran semuanya.

CIANJUR — Pernyataan Koordinator Koalisi Ulama dan Umat (Komat) ustaz Umar Burhanudin yang beredar dalam bentuk video di medsos, dengan berdurasi sekitar 5 menit, disoal pihak keluarga besar Rois Syuriah PC Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cianjur, KH. Abdul Qodir Rozy. Pasalnya, klarifikasi ustaz Umar Burhanudin terhadap dugaan manipulasi tanda tangan KH Abdul Qodir Rozy, tapi bernada seakan-akan menyudutkan ulama kharismatik itu.

Tohari Sastra, yang mewakili pihak keluarga besar KH. Adbul Qodir Rozi mengatakan, jika Ustad Umar benar mengakui sebagai salah seorang murid dari orang tuanya, yang bersangkutan tidak perlu mengklarifikasi melalui rekaman video. Apabila mau tabayun, dan ada beritikad baik, mestinya datang saja ke rumah.

“Dan harus diketahui oleh pihak keluarga agar tidak terjadi fitnah,” katanya kemarin.

Munurut Tohari, dugaan manipulasi tanda tangan KH Abdul Qodir Rozy atau biasa disapa Mama Koko itu, bermula dari rencana aksi akbar massa Komat pada hari Rabu (9/5) lalu. Rencana itu merupakan aksi susulan dari unjuk rasa sebelumnya pada Jumat (4/5) lalu. Dalam aksi unjuk rasa itu pernyataan Ustad Umar Burhanudin dinilai cukup keras mengkritisi kebijakan pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar. Akibatnya, Ustad Umar mendapat teguran dari Ketua MUI, KHR. Abdul Halim.

“Setelah aksi demo itu, karena ditegur Ketua MU, ustaz Umar Burhanudin sowan ke kediaman KH Abdul Qodir RozyI,” ujar Tohari mejelaskan asal muasal lasus dugaan manipulasi paraf KH. Abdul Qidir Rozi.

Dalam pertemuan dengan Ustad Umar itu, lanjut Tohari, KH Abdul Qodir Rozy berniat memfasilitasinya bertemu dengan para ulama NU untuk menjelaskan duduk permasalahnya. Waktu itu, Ustad Umar menyodorkan semacam format surat undangan yang harus ditandatangani KH Abdul Qodir Rozy.

“Karena penglihatan mertua saya tidak awas sehabis operasi, ia hanya menandatangi saja karena surat itu dikiranya untuk mengundang para ulama,” bebernya.

Namun, masih menurut Tohari, selang beberapa hari kemudian beredar surat ajakan aksi akbar di media sosial yang bertanda-tangan KH Abdul Qodir Rozy. Disaat itulah, pihak keluarga kaget, sehingga mengklarifikasi kembali ke KH Abdul Qodir Rozy.

“Ternyata, mertua saya juga kaget mendengar hal itu. Tanda tangannya itu hanya untuk mengundang para ulama sebagai upaya memberikan penjelasan dari Umar soal aksi demo waktu itu. Bukan menandatangi ajakan demo dari Komat,” tambahnya.

Tohari memaparkan, pihak keluarga sebetulnya menunggu itikad baik dari Ustad Umar Burhanudin untuk bertabayun, dan meminta maaf. Namun ternyata yang muncul malah hanya video klarifikasi. Isi pernyataan Ustaz Umar pun terkesan malah menuding pihak keluarga ulama sepuh tersebut sudah diintervensi Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar.

“Demi Allah. Sekali lagi saya mengatakan Demi Allah, tidak ada intervensi apapun dari Pak Bupati. Saya dan keluarga percaya 1.00% kepada bapak (KH Abdul Qodir Rozy),” tegasnya.

Tohari mengharapkan orangtuanya tak dibawa-bawa ke ranah konflik. Apalagi digiring untuk kepentingan opini yang tak jelas. Namun pihak keluarga sepakat tak akan memproses secara hukum tudingan tersebut.

“Bapak menyarankan kami agar menyerahkan sepenuhnya permasalahan ini kepada Allah SWT. Biarlah kebenaran terbuka dengan sendirinya,” tandasnya.

Sebelumnya, Koordinator Komat, Ustad Umar Burhanudin, ‘menantang’ siapapun yang menuding dirinya menyebarkan hoaks atau berita bohong untuk berhadap-hadapan. Umar mengaku apa yang disampaikan itu sesuai fakta.

“Pertemukan kami. Mau di MUI, Lapang Joglo atau di Masjid Agung. Hadapkan kami. Sampaikan mana yang hoaks itu. Jelaskan,” tukasnya. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco