Berziarah Menjelang Ramadhan Menjadi Tradisi Turun Temurun

oleh
Foto: Asep Hendrayana/ waktunews.com,
Ziarah kubur sebelum masuk bulan puasa sudah jadi tradisi muslim nusantara sejak dulu, dan dilaksanakan turun temurun.

CIANJUR –  Berziarah ke makam sanak saudara dan orang tua menjelang Bulan Suci Ramadhan, memang sudah menjadi tradisi umat muslim. Tak terkecuali umat muslim Cianjur. Hal tersebut terlihat dari selalu ramainya Tempat Pemakaman Umum ( TPU ) yang dipadati penziarah setiap tahunnya, seperti yang terlihat di TPU Sirnalaya Cikaret, Cianjur. Pada Selasa (15/05/2018).

Para penziarah datang ke pemakaman tak lain untuk membersihkan makam, membacakan surat Yasin dan mendo’akan saudara atau orang tua yang sudah tiada.

Salah seorang penjiarah, Rina Arianti (25) mengatakan bahwa kedatangannya ke TPU sirnalaya untuk berziarah ke makam almahum ayahandanya. Rutinitas tahunan ini, Aku dia, selalu dia lakukan setiap tahun menjelang Bulan Suci Ramadhan.

“Sebetulnya sih tidak hanya menjelang Ramdhan saja saya berziarah, saya lakukan beberapa kali dalam satu tahun,” katanya.

Lebih lanjut, dia menuturkan meski dirinya berjiarah saat menjelang Ramdhan, namun dia merasa kurang apdol jika di momen ini dirinya tidak melakukan ziarah ke makam ayahandanya. Selain mendapatkan suasana yang berbeda dengan banyaknya penziarah lain dibanding bulan biasa, berziarah menjelang Ramadhan pun dilakukannya karena merupakan teradisi keluarga.

“selain suasananya berbeda, ini merupakan tradisi keluarga juga, jadi saya merasa ada yang kurang aja kalau menjelang Ramadhan tidak berziarah dulu,” tutur dia. (Asep Hendrayana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco