Pengusaha Sarang Walet Buang Limbah B3, KPLHI minta Pemkab Cianjur Bertindak

oleh

 

Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com,
Perusahaan Sarang Burung Walet yang berlokasi di Kampung Cinengah Rt 02/14 desa sukanagalih Rt 02/14 desa sukanagalih RT. 02/ 14 Desa Sukanagalih, Pacet. Diduga keras membuang limbah kimia berbahaya sembarangan.

PACET – Keberadaan tiga perusahaan sarang burung wallet yang berlokasi di Desa Sukanagalih, Desa Gadog dan Desa Cipendawa kecamatan Pacet, Cianjur diduga keras menggunakan hydrogen firerokside yang mengakibatkan pencemaran baku air dan tanah, (24/05/2018).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) Kabupaten Cianjur, Hendy Zaeni menjelaskan,  pengelola perusahaan sarang burung wallet di tida desa tersebut sudah jelas melanggar UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Lingkungan Hidup

“Sudah saya laporkan secara lisan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, tapi tidak ada reaksi apapun,” jelasnya.

Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com,
Limbah kimia berbahaya yang dibuang oleh perusahaan sarang burung walet, dilakukan rutin pada pukul 15.00 setiap hari. KPLHI desak Pemkab segera bertindak tegas.

Menurut informasi yang dikumpulkan oleh DPW KPLHI Cianjur, ke tiga perusahaan sarang burung wallet di kecamatan Pacet itu masing-masing beda pemilik. Dan beroperasi sekitar 4 tahunan.

Hendy menerangkan, penggunaan zat kimia hydrogen firerokside sangat berbahaya. Dan  biasanya dampak negatif akan terasa 10 s/d  20 tahun. Dampak yang paling cepat terasa adalah rasa gatal-gatal yang diderita oleh masyarakat.

“Masyarakat sekitar tentu tidak paham. Apakah penyakit yang dideritanya itu damlak dari limbah atau alergi. Yang  jelas, membuang limbah B3 secara langsung sangat di larang,” katanya.

Sedangkan Kepala Seksi Kajian Dampak Lingkungan di Bidang Tata Lingkungan, pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Asep Hendriana menyarakan KPLHI membuat aduan secara resmi. Hal ini untuk menjadi kerja dari pihak dinas.

“kebetulan, bagian Penegakan Hukum bukan saya. Tapi Insya Allah akan dikomunikasikan,” tukasnya. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco