Sindangjaya Ikuti Lomba Desa Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat

oleh
Foto: Farhaan Muhammad Ridwan/ waktunews.com,
Tim Penilai dari DPMD Provinsi Jabar sedang melakukan verifikasi di Desa Sindanglaya dalam ajang Lomba Desa Terbaik se Provinsi Jabar. Apabila jadi juara, Sindanglaya akan maju ke Lomba Desa Terbaik tingkat nasional.

CIPANAS – Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas mewakili Kabupaten Cianjur untuk lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat. Berbagai penilaian pun tengah dilakukan tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Kepala Desa Sindangjaya Kepala Desa Sindangjaya Edy Efendi menjelaskan, setelah lolos menjadi juara satu lomba desa tingkat Kabupaten Cianjur, kini Sindangjaya siap melaju ke Provinsi Jawa Barat. Dimana penyelenggaraan perlombaan desa ini merupakan kegiatan rutin, yang diselenggarakan setiap tahun secara berjenjang. Mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan akhirnya tingkat nasional.

“Sebagai juara satu lomba desa tingkat Kabupaten Cianjur, beberapa hari yang lalu kami sudah dinilai verifikasi administrasi oleh tim penilai Provinsi Jawa Barat. Kami bersaing dengan 27 desa dari kabupaten / kota lainnya,” tuturnya.

Edy menuturkan, setelah penilaian administrasi dilakukan, nanti akan dilakukan verifikasi ke lapangan. Berbagai persiapan pun tengah dilakukan agar bisa sukses dalam proses penilaian. Seperti memaksimalkan tupoksi seluruh aparat desa dari aspek administrasi, SDM, dan sebagainya.

“Semoga hasil penilaiannya yang terbaik untuk kebanggaan Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Menurutnya, ada dua makna yang penting dari penyelenggaraan perlombaan desa ini yaitu, untuk mengevaluasi tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh suatu desa. Dan yang ke dua untuk memotivasi aparat pemerintahan desa dan masyarakatnya dalam meningkatkan kinerjanya. Prestasi yang diraih ini, tak lepas dari adanya peran serta masyarakat, sehingga Desa Sindangjaya bisa maju dan berprestasi.

“Sesuai dengan jargon kami, Sindangjaya Bangkit. Kami optimis bisa menjadi juara, dan diharapkan lomba ini membawa dampak positif,” tukasnya. (Farhaan Muhammad Ridwan) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco