Ciletuh – Palabuanratu UGG Jadi Referensi Wisata di Kabupaten Sukabumi

oleh
ISTIMEWA

Dinobatkan Sebagai Geopark Dunia

CILETUH – Palabuanratu UGG bisa menjadi salah satu referensi wisata di Kabupaten Sukabumi bahkan Provinsi Jawa Barat. Terlebih daerah tersebut telah ditetapkan sebagai geopark dunia.

Tak hanya itu, tempat ini semakin populer dengan keindahan dan batuan alamnya yang dihadirkan di setiap objek wisata. Ciletuh-Palabuhanratu UGG dikenal sebagai salah satu geopark tertua di Pulau Jawa.

Menurut ahli geologi, tempat tersebut merupakan dasar laut. Namun saat ini terangkat ke permukaan. Oleh
karena itu daerah tersebut dikembangkan dengan basis konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat.

Kawasan yang berada di Selatan Kabupaten Sukabumi ini, memiliki berbagai area wisata yang bisa dikunjungi mulai pantai hingga air terjun. Bahkan, terdapat sekitar sembilan air terjun eksotis.

ISTIMEWA

Semua itu berada mulai dari Curug Awang, Tengah, Puncak Manik, Curug Cikanteh, Ngelai, Sodong,  Curug Dogdog, Nyelempet, dan Cimarinjung. Selain air terjun, pengunjung juga bisa mengunjungi obyek wisata lain yang tak kalah cantik seperti Puncak Darma, Puncak Aher, Pantai Palangpang, Tebing Panenjoan,
Panyawangan, Puncak Tugu dan Puncak Mega.

Bahkan, dari tebing bebatuan di Panenjoan dan Puncak Darma, pengunjung bisa menikmati pemandangan kawasan geopark dari ketinggian. Bahkan, terlihat juga Bentang alam Ciletuh menyerupai amfiteater raksasa dengan bentuk seperti tapal kuda yang menghadap ke Samudera Hindia.

Beberapa lokasi utama di geopark yang bisa dijangkau dalam waktu sehari ialah Panenjoan. Pantai Palampang,
Curug Cimarinjung, Curug Awang, Curug Sodong, dan Puncak Darma.

Ciletuh-Palabuhanratu UGG dikonsep secara manajemen pengelolaan kawasan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati dan budaya. Hal itu melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan yang berkelanjutan di delapan kecamatan  yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Konsep utama adalah konservasi, maka kelestarian akan keragaman geologi dan hayati perlu dijaga dan
dikelola dengan baik sehingga tidak terjadi kerusakan. Pasalnya, keragaman geologi sangat penting dan berharga ditinjau dari berbagai kepentingan.

Saat ini keragaman geologi sedang terancam oleh berbagai macam aktifitas manusia. Sebagai
ukuran dari sebuah masyarakat yang beradab dan maju, adalah jika masyarakat tersebut mau melindungi dan melestarikan unsur-unsur dari planet ini yang berharga dan terancam.

Keberadaan kawasan konservasi dalam sebuah geopark adalah hal yang paling utama. Ciletuh-Palabuhanratu UGG memiliki kawasan konservasi untuk perlindungan hayati dalam ekosistim yang alami berupa hutan
primer dan sekunder.

ISTIMEWA

Cagar Alam Cibanteng, Tangkubanparahu, Sukawayana; Suaka Margasatwa Cikepuh; dan Taman Wisata Alam Sukawayana, dikelola Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)  dan Konservasi Penyu Hijau dikelola Dinas
Perikanan dan Kelautan. Suaka Margasatwa Cikepuh dan Cagar Alam Cibanteng berfungsi sebagai area perlindungan untuk satwa liar yang dilindungi yaitu penyu (CheloniaMydas dan CheloniaImbricata), Banteng (Bosjavanicus) , menjangan
(MuntiacusMuntjak).

Selain itu, ada hewan lain seperti Macan tutul, Raptor (elang laut, elang ularbido & elang brontok), Surili,
Julang emas & Rangkong badak, Owa Jawa, Lutung Jawa, Kera ekor panjang; Babi hutan, Musang, Tupai, Biawak, Ular, Ayam hutan & jenis burung, juga berbagai ikan di laut sekitarnya.

Kawasan konservasi ini memiliki keragaman tanaman langka dan endemik seperti berbagai macam jenis Bambu, Laban, Malaka, Jeunti, Kepuh, Santigi, Waru, Sonokeling, aneka macam mangrove yang tumbuh di kawasan pesisir pantai.  Raflesia Padma tumbuh di sekitar Curug Puncakmanik, Gunung Cupu, dan Cipeucang. Selain itu keragaman terumbu karang juga terdapat di bawah laut Ciletuh.

Keragaman budaya sebagai salah satu pilar geopark sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar geopark. Hal itu karena budaya yang selaras dengan nilai-nilai kemanusiaan dan memperkuat kehidupan masyarakat yang sehat dan menjadi indikator kesejahteraan masyarakat. Sehingga kenekaragaman budaya harus dipertahankan dan kembangkan.

Keberadaan alam Ciletuh-Palabuhanratu UGG maupun sosial budayanya tidak dapat dipisahkan dengan kawasan sekitar yaitu kawasan Jampang dan Palabuhanratu.

Kawasan ini sudah lebih dikenal dalam sejarah, kaya akan keragaman budaya dan memiliki hubungan yang erat satu dengan yang lainnya,, sesuai dengan perkembangan sejarah alam dan budayanya.

Keterlibatan pemerintah, swasta/BUMN, media, perguruan
tinggi, masyarakat, dan komunitas tentunya tidak terlepas dalam pengembangan kawasan Ciletuh-Palabuhanratu. Tidak lepas pula peran para admin media sosial dan penggiat media sosial dlm upaya pengembangan dan sosialisasi kawasan Ciletuh-Palabuhanratu
UGG.

Sebuah inovasi, melalui pengembangan hasil karya seni batik ramah lingkungan yaitu batik pakidulan. Kerajinan rakyat produk masyarakat kawasan Ciletuh antara lain dalam bentuk anyaman bambu, seperti kipas, keranjang, nampan, wayang golék, gerabah, seruling, dan batik pakidulan.

Kerajinan membatik dikenalkan dan diajarkan kepada masyarakat sebagai budaya di kawasan tersebut. Masyarakat pengrajin yang berada di Kampung Batik Desa Purwasedar membuat motif motif batik yang terinspirasi dari situs geologi dan keindahan alam.

Teknologi pewarnaan batik menggunakan bahan ramah lingkungan dengan bahan pewarna dari tumbuhan yang
dikembangkan dengan teknologi nano yang dikembangkan Biofarma. Motif batik ini kemudian dikenal sebagai batik pakidulan

Makanan tradisional di kawasan geopark, umumnya berupa makanan ringan dengan bahan dasar beras ketan, singkong, kelapa, gula merah, hanjeli, ikan, dan tanaman terubuk, serta buah-buahan. Seperti pisang, pepaya dan mangga. Makanan tersebut berupa ranginang, peuyeum ketan, peuyeum hanyeli, opak kemung, lelontong, kue ali, keripik pisang, pindang cue, abon ikan, ikan asin,
nasi liwet, garehcol, dan lain sebagainya.

Kawasan ini berfungsi sebagai tempat pendidikan, pelatihan, dan penelitian ilmu kebumian. Baik untuk sekolah dasar, sekolah menengah sekolah atas dan perguruan tinggi serta masyarakat umum dan tentunya komunitas. Apalagi

Situs geologi di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UGG dapat dikelompokkan berdasarkan jenisnya adalah berupa, air terjun, bentang alam, pulau-pulau kecil, batuan unik/estetik, gua laut, batuan langka dan fosil, Pantai, Geyser. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco