Harga dan Ketersediaan Cabai serta Jenis Holtikultura lainnya Aman Jelang Lebaran

oleh
Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com,
kondusif: (dari kiri ke kanan) Kadis PPTPH Cianjur mamad Nano, Kadis Pertanian Provinsi Jabar Hendi Jatnika, Kabid Holtikultura Bah Hasan, Suhendar serta beberapa pejabat lainnya saat meninjau lokasi penanaman cabai di lahan milik Gapoktan Mujagi, dalam upaya mengkondusifkan produksi menjelang lebaran nanti.

CIANJUR – Ketersediaan komoditas cabai dan jenis tanaman holtikultura lainnya terjamin jelah H – 1 hari Raya Idul Fitri nanti, (06/06/2018).

Hal tersebut dikatakan U. Supriatna Hasan sebagai Kepala Bidang (kabid) Holtikultura pada Dinas Pertanian Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPPTPH) Kabupaten Cianjur.

“Insya allah aman serta harganya terkendali,” katanya.

Kabid Holtikultura yang akrab disapa Bah Hasan ini menjelaskan, semua jenis komoditi sayuran yang ditanam petani Cianjur, sejak awal masuk Bulan Suci Romadhon hingga diperkirakan menjelang H -1 lebaran tidak akan banyak berubah. Terkecuali kentang yang masih mengandalkan pasokan dari Bandung dan Garut.

“Produsi petani Cianjur dikisaran 18 sampai 25 ton untuk komoditi holtikulra. Soal harga dari petani, harga cabai sekarang lagi murah,’ jelasnya.

Sementara Ketua Gabungan Kelompok Tani Multi Jaya Giri (Gapoktan Mujagi) yang beralamat di Kampung Pasir Cina Desa Cipendawa Kecamatan Pacet, Suhendar menyatakan kesiapannya memasok 10% dari kebutuhan cabai Cianjur menjelang H – 1 lebaran nanti.

“Saat ini saja, produksi petani cabai seluruh Cianjur sebanyak 30 ton per hari. 3 ton diantaranya dari kami,’ ucap Suhendar.

Sedangkan untuk persoalan harga, lanjut Suhendar, dari tingkat petani cabai cukup kondusif. Masih dikisaran Rp. 15 ribu, dan biasanya, harga yang sampai ketingkat konsumen dikisaran Rp. 25 ribu hingga Rp. 30 ribu. “Pokoknya, aman ditingkat kami para petani, semoga harganya juga aman sampai ke tingkat konsumen,” pungkasnya. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco