Gertasi Cianjur Tanam Pohon Bersama LMDH Guri Langgeung Batulawang

oleh
Foto: Farhaan Muhammad Ridwan/ waktunews.com,
Penyerahan secara simbolik dokumen menanaman 10.000 bibit pohon mengkudu kepada pengurus LMDH Gunung Putri Batulawang demi penghijauan lahan kritis serta membantu perekonomian masyarakat desa hutan sekitarnya.

CIPANAS – Demi menjaga keasrian lingkungan di wilayah Cianjur, Gertasi melakukan penanaman pohon bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Guri Langgeung Batulawang. Upaya ini diharapkan agar lingkungan bisa terjaga dan mencegah terjadinya bencana di Desa Batulawang.

Acara penanaman pohon sendiri berbarengan dengan penyelenggaraan Halal Bi Halal yang   digagas oleh (LMDH) Giri Langgeung Desa Batulawang Kecamatan Cipanas di Lebakpulus Batulawang.

Kepala RPH Cipanas Agus Setiawan memaparkan kegiatan kerjasama antara LMDH Giri Langgeung dengan Gertasi Kabupaten Cianjur, adalah gagasan yang positif yang dapat dijadikan contoh untuk organisasi petani lainnya. Kegiatan tersebut memiliki misi melaksanakan penghijauan dengan menggalakkan penanaman 10.000 pohon mengkudu.

“Mengkudu selain merupakan tanaman herbal (obat-obatan), juga sekaligus untuk mendorong meningkatnya pendapatan petani hutan itu sendiri,” paparnya.

Ketua Gertasi Kabupaten Cianjur, Rahmat Muslim mengatakan, pihaknya saat ini telah membuat kesepakatan dengan pihak investor yang akan menampung dan menerima hasil buah mengkudu dengan jumlah besar dan berkelanjutan.

“Tanaman mengkudu ini memiliki keunggulan, yaitu selain tidak mengenal musim, juga dapat ditanam pada lahan kritis. Sehingga dengan demikian akan membantu petani dan pemerintah dalam hal menghijaukan lahan-lahan kritis menjadi lahan yang produktif,” katanya.

Dijelaskannya, petani jangan khawatir apabila tanaman mengkudu tersebut sudah berbuah sulit untuk dipasarkan, karena pihaknya siap menandatangani kesepakatan (MoU) dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) dimasing-masing wilayah.

“Kami siap menampung buah mengkudu untuk memenuhi kebutuhan produksi yang saat ini semakin meningkat. Namun sudah barang tentu dengan kualitas yang baik” paparnya.

Sekretaris Umum Gertasi Saepul Anwar mengatakan  pihaknya telah menghimpun lebih dari 300 petani yang telah siap menanam tanaman mengkudu pada lahan milik perum perhutani maupun lahan milik pribadi, dengan rata-rata 3000 pohon per petani.

“Diharapkan pada tahun 2019 target pencapaian 1 juta pohon mengkudu akan tercapai,” tutupnya. (Farhaan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco