Dinkes Cianjur Harapkan TBC Tereliminasi dengan Tersebarnya Kader

oleh

 

Foto: Asep Hendrayana/ waktunews.com
Dinkes Cianjur melalui dr. N. Efa Fatimah mengharapkan program pemerintah pusat menanggulangi TBC bisa tereliminasi dengan tersebarnya para kader di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur.

PACET – Pada kegiatan Sosialisasi dan Pemberdayan Melalui Pelatihan Kader TB di Wisma Kompas Kecamatan Pacet. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Cianjur, dr. N. Efa Fatimah mengatakan sepuluh penyakit penyebab kematian di Cianjur, salah satunya adalah penyakit Tuberkolosis (TBC).

“Sebetulnya banyak yang disinyalir mempunyai penyakit TB, namun dari sekian banyak baru 30 orang yang sudah berobat,” ungkapnya.

Dr. Efa menyebutkan, rata-rata usia penyandang penyakit TB berusia masih produktif, antara usia 15 tahun sampai 30 tahun. Upaya pencegahan dan penangulangan penyakit TB ini sebetulnya sudah dicanangan pemerintah pusat.

“Mulai dari pengobatan, ataupun salah satunya dengan adanya sosialisasi TBC ini,” katanya.

Menurutnya, selain pengobatan dari pemerintah, untuk pencegahan awal penyakit ini harus dimulai dari masyarakat sendiri. Maka  perlu adanya pemberdayaan masyarakat yang berbsedia menjadi kader anti TBC. Yang nantinya, para kader ini dapat mengadvokasi, membantu dan mengantarkan para penderita penyakit TB. Selain itu, para kader mampu mengenali orang – orang yang kemungkinan besar terjangkit TB.

“Jadi penyakit TBC dapat tereliminasi sesuai dengan program pemerintah,” pungkasnya. (Ruslan/ Asep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco