LKNU Cianjur Sebar Kader guna Deteksi Penderita TB

oleh
Foto: Asep Hendrayana/ waktunews.com
LKNU Cianjur bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Cianjur akan sebar para kader untuk mengenali dan mengadvokasi penderita TBC.

PACET – Kementrian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, bekerjasama dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Cianjur, melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pemberdayan Melalui Pelatihan Kader TB di Wisma Kompas. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mengeliminasi penyakit Tuberkulosis (TBC) yang merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia bahkan Cianjur. Pacet. Senin (23/7/2018).

Koordinator SSR LKNU Region Cianjur Sopwanudin mengungkapkan, berdasarkan data yang terhimpun dari sistem informasi terpadu yang ada di Puskesmas di seluruh kecamatan dan desa, penderita penyakit TB di Cianjur tahun 2017 berjumlah 11. 239 orang. Tentu saja jumlah itu sangat besar dan menjadi perhatian pihaknya.

“Belum semua tertanggulangi. Dan tidak menutup kemungkinan masih banyak TB positif yang tidak terdata puskesmas. Makanya selain optimalisasi dalam advokasi penanggulangan TB, kader yang dibentuk ini akan mendata ulang penderita yang belum masuk data dipuskesmas,” ungkapnya.

Menurut Sopwan, pihaknya melakukan upaya pemberdayaan melalui pelatihan kader TB, yang akan dilaksanakan di lima zona, salah satunya yang sudah terlaksana di zona II Cipanas. Adapun tugas kader tersebut, melakuan advokasi komunikasi dan mobilisasi sosial. Baik itu dalam penemuan kasus TB baru, ataupun pengobatan kepada orang yang sudah terjangkit.

“Harapannya penyakit TB bisa tereliminasi di tahun 2030,” tutupnya. (Asep Hendrayana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco