Lama Tak Hujan, Cikanyere Alami Kekeringan

oleh
Foto: Farhaan Muhammaad Ridwan/ waktunews.com
Bak penampungan air di dalam Kantor Desa Cikanyere kering kerontang tak berair aakibat dilanda musim kemarau. Masyarakat yang membutuhkan air bersih terpaksa memperdalam sumur miliknya, karena air sungai sebagai alternaatif pun kondisinya tak jauh berbeda.

SUKARESMI –  Wilayah Desa  Cikanyere Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur alami kekeringan. Tak hanya pemukiman warga, Kantor Desa Cikanyere pun kesulitan air. Kondisi  ini membuat masyarakat dan Pemdes Cikanyere cukup kelabakan.

Kepala Desa (Kades) Cikanyere M. Abad menuturkan, Kampung Jukut Siil, Cihandeuleum dan perkampungan lainnya saat ini masuk dalam kondisi krisis air bersih.

“Sudah hampir satu bulan lebih, hujan tak turun. Akibatnya, warga desa terdampak kekeringan,” ujarnya.

M. Abad menjelaskan, berdasarkan pendataan, akibat kekeringan ini, ada sekitar 50 hektar sawah yang terancam gagal panen. Sedangkan warga, kini sudah mulai sulit mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, kantor desa pun terkena dampaknya kesulitan air bersih yang sudah tidak mengalir.

“Saya harapkan ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Sedangkan Asep Saeful Rahman (47) warga Desa Cikanyere menerangkan, saat tiba musim kemarau yang telah lalu, biasanya masyarakat Cikanyere menggunakan air sungai untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Namun kini air sungai pun turut pula kering. Krisis air bersih ini membuat warga setempat pusing tujuh keliling.

“Pasalnya air minum merupakan kebutuhan utama,” terangnya.

Tidak ada cara lain, lanjut Asep, masyarakat terpaksa menggali sumur yang ada agar lebih dalam. Hal ini menjadi pilihan, daripada harus menahan rasa haus. Walapun sebenarnya, ada sumber air yang layak untuk digunakan sehari-hari. Namun jaraknya sangat jauh dan berada di perbukitan, hal ini merfupakan kesulitan yang lain bagi warga untuk menjangkau mata air tersebut.

“Daripada ke bukit, saya berusaha memperdalam sumur hingga belasan meter dengan dibantu warga,” tutupnya. (Farhaan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco