Bazna Cianjur Targetkan Zakat dan Infak dari Jemaah Haji Capai 100 Persen

oleh
Foto: Asep Hendrayana/ waktunews.com
Ketua Baznas Cianjur saat secara simbolik menerima zakat, indaq dan sodaqoh CJH dari Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar.

CIANJUR – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cianjur menargetkan infak dan sodakoh dari Calon Jemaah Haji (CJH) Tahun 1439H/2018M mencapai 100 persen dari total CJH tahun ini, yaitu sebanyak 1.832 orang.

“Jumlah zakat infak dan sodakoh CJH sejumlah 150 Ribu rupiah per orang. Saat ini baru masuk sekitar 80 persen,” terang ketua Baznas Kabupaten Cianjur Yosef Umar saat disambangi diruang kantornya pada Selasa (24/07/2018) lalu.

Yosep Umar menjelaskan, hasil dari pengumpulan zakat infak dan sodakoh jamaah haji ini, rencananya akan diterapkan untuk merenofasi masjid, wisma ulama dan fasilitas lainnya yang biasa digunakan juga oleh para jamaah haji untuk beristirahat sebelum dan sepulangnya dari Tanah Suci.

“Ya seperti tahun – tahun sebelumnya hasil dari zakat infak dan sodakoh jemaah haji akan kami terapkan kepada fasilitas yang juga digunakan oleh mereka,” jelasnya.

Secara nishab zakat, tambah Yosef, jemaah haji sudah masuk kedalam golongan wajib menunaikan zakat. Karena pada dasarnya orang yang mendaftar untuk berangkat haji dalam rangka memenuhi panggilan Allah, adalah orang yang tergolong mampu secara ekonomi. Setidaknya, memiliki harta atau penghasilan di atas standar nishab zakat.

“Kecuali, yang berangkat haji atas biaya orang lain,” tukasnya. (Asep Hendrayana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco