Manfaat CNL, 128.147 Dokumen Kependudukan Terlayani Sejak 2016

oleh
Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com
Kadisdukcapil Kabupaten Cianjur manfaatkan ajang CNL untuk mempercepat serta mempermudah pelayanan dokumen kependudukan bagi masyarakat,

CIANJUR – Dalam perjalanannya, Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) yang gagas langsung oleh Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar sejak Tahun 2016 lalu, sudah banyak memberikan faedah nyata bagi masyarakat desa dimana CNL dilaksanakan.

CNL, sebagai katalisator pertemuan antara seorang bupati sebagai pemangku kebijakan utama di Cianjur dengan masyarakatnya ini, selalu dibarengi dengan pembangunan fisik serta berbagai pelayanan yang memang sangat dibutuhkan. Seperti pelayanan kesehatan, perijinan ataupun identitas kependudukan. Dan semuanya gratis diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur kepada masyarakat desa dimana CNL dilaksanakan.

Pelayanan dokumen kependudukan misalnya. Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Moch. Ginanjar menuturkan, sejak tahun 2016 sampai 2018 ini sudah hampir seratus ribu dokimen kependudukan yang dibagikan kepada masyarakat pada ajang CNL.

“Oh iya, CNL kita manfaatkan untuk optimalisasi pelayanan dinas kepada masyarakat,” tuturnya.

Secara lebih terperinci, Ginanjar menerangkan, Tahun 2016 sampai 2017 saja Kartu Keluarga (KK) yang berikan kepada masyarakat saat CNL sebanyak 29.486, sedangkan Blanko Akte Kelahiran yang bagikan sebanyak 27.651 lembar, lalu perekaman data untuk e-KTP sebanyak 19.200 orang.

“Untuk Blanko e-KTP yang sudah jadi sebanyak 13.000,” terang Ginanjar.

Sedangkan di Tahun 2018 ini, lanjut Ginanjar, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cianjur, dalam ajang CNL ini sudah melayani masyarakat dengan pembagian KK sebanyak 11.846. Ditambah Akte Kelahiran sebanyak 2.245 lembar blanko, lalu perekaman data e-KTP 2.983 dan terakhir pemberian e-KTP yang sudah jadi sebanyak 21.786.

Ginanjar menambahkan, total pelayanan dinas saat CNL pada periode 2016 -2017 itu, sebanyak 89.337 berbagai dokumen kependudukan diberikan kepada masyarakat.  Sementara total pelayanan di Tahun 2018 ini sebanyak 38.810 dokumen yang diberikan.

“Itulah ikhtiar dari Pemkab atau Pak Bupati Cianjur, memalui Disdukcapil dalam mempermudah serta mempercepat pelayanan dokumen kependudukan terhadap masyarakat,” pungkasnya. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco