Tekan Aki/Akb Puskesmas Sukanagalih Sukseskan Program Quick Wins

oleh
Foto: Farhaan Muhammad Ridwan/ waktunews.com
Para kader tenaga kesehatan dari Puskesmas Sukanagalih saat laksanakan tugas Program Quick Wins demin menjaga kesehatan ibu dan bayi baru lahir.

PACET – Puskesmas Sukanagalih laksanakan program Quick Wins di wilayah kerja, yakni Desa Cibodas, Desa Sukanagalih dan Desa Gadog. Program ini demi menekan angka kematian ibu hamil di Kecamatan Pacet, Cianjur. (01/08/2018).

Kepala Puskesmas Sukanagalih Agus Suhendar menuturkan, kegiatan Quick Wins tersebut meliputi tes golongan darah, pemeriksaan kadar HB, pemberian PMT dan tes darah indikator HIV/Aids pada ibu.

“Quick Wins merupakan program pelayanan darah yang aman dan berkualitas merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk menurunkan angka kematian ibu,” tuturnya.

Dijelaskan Agus Suhendar, kebijakan Quick Wins pelayanan darah tertuang dalam, Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Langkah ini untuk menjamin tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, bersalin dan nifas. Selain itu, juga untuk meningkatkan peran serta masyarakat menjadi pendonor darah sukarela.

“Dengan adanya program ini diharapkan, kekurangan jumlah kantong darah dan jenis golongan darah langka dapat dipenuhi,” ujarnya didampingi Petugas Survailence Puskesmas Sukanagalih Reni Resmala Sari.

Agus menjamin, dalam program tersebut gratis. Teknis pelayanannya, para ibu hamil sendiri dikumpulkan disatu titik agar para tenaga medis dari puskesmas bisa mendatangi langsung ke masyarakat.

“Alhamdulillah ratusan ibu hamil berdatangan dari 3 desa wilayah kerja Puskesmas Sukanagalih. Suksesnya program ini juga berkat kerjasama dengan pemdes setempat,” pungkasnya. (Farhaan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco