Dinkes Cianjur Harapkan Pasien BPJS Diutamakan Berobat ke Puskesmas

oleh
Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com
Dinkes Kabupaten Cianjur mengharapkan para pemegang kewenangan segera mengeluarkan kebijakan yang mengutakan Puskesmas sebagai pasilitas kesehatan bagi masyarakat pengguna BPJS Kesehatan.

CIANJUR – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) diminta menjadi prioritas dalam menerima kunjungan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan ketimbang klinik swasta. (2/8/2018).

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo menjelaskan, hal tersebut mengingat pungsi dari Puskesmas yang memang difokuskan melaksanakan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang tergolong tidak mampu secara financial.

“Puskesmas sebagai pasilitas kesehatan yang merakyat hendaknya didahulukan bagi masyarakat pengguna BPJS,” jelasnya.

Menurutnya, bila Puskesmas tidak digiring sebagai penerima pasien pengguna BPJS oleh pihak-pihak yang mempunyai kewenangan, bisa dipastikan umur keberadaan Puskesmas akan gulung tikar. Hal ini menyangkut pendapatan internalnya dari dana kapitasi yang dihitung dari banyaknya kunjungan masyarakat.

“Berbeda halnya dengan klinik swasta, yang memang lembaga kesehatan profit. Bagusnya, pasien ke Klinik tersebut atas dasar rujukan dari Puskesmas terdekatnya juga,” katanya.

Sedangkan Yudiansyah, Kepala Puskesmas Sukasari kecamatan Cilaku mengakui, saat ini Puskesmas seolah – olah diwajibkan lomba lari melawan klinik kesehatan swasta, tapi dalam kondisi kaki yang terkekang.

“Selain hidup kami tergantung dana kapitasi, saat ini kami juga masih dibebani menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah. Sedangkan klinik, sama sekali tidak ada kewajiban untuk itu,” ucapnya.

Untuk urusan PAD yang dibebankan kepada Puskesmas ini, baik Rudi Wibowo maupun Yudiansyah menerangkan sudah ada kemauan yang baik dari Wakil Bupati Cianjur H. Herman Suherman dan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur, H. Sapturo.

“Pak Wabup sudah mengetahui kesulitan ini, dan Pak H. Sapturo juga sudah mengerti saat berkunjung ke Puskesmas Sukasari beberapa waktu lalu,” Pungkas Yudiansyah yang amini oleh atasannya Kabid Yankes Rudi Wibowo. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco