Pemdes Cibadak Apresiasi Pelaporan Aplikasi Siskeudes

oleh
Foto: Farhaan Muhammad Ridwan/ waktunews.com
Pengerjaan pembangunan Desa Cibadak yang dari sumber dana manapun lebih mudah pelaporannya dengan sistem Aplikasi Siskeudes. Sistem inipun mampu meminimalisir dugaan proyek fiktif atau tidak tepat sasaran.

SUKARESMI – Pemerintah Desa Cibadak Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, mengapresiasi dengan adanya sistem keuangan desa (siskeudes). Aplikasi berbasis online tersebut langsung dilaporkan setiap desa  ke BPK – RI. (9/8/2018)

Sekdes Cibadak Ridwan Gusmawandi menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan perbaikan jalan dengan ruas jalan Kampung Nanggeleng 1 dan 2 dengan panjang 600 meter dan lebar 2 meter dengan 12 cm. Perbaikan jalan tersebut bersumber dari dana  Bantuan Provinsi Rp 100 juta.

“Pebaikan jalan tersebut sistem rabat beton. Adapun pembangunan dengan menggunakan DD tahun ini termin pertama digunakan untuk perbaikan Jalan Bengkok, Sindanglayung, Joglo, dan Warudoyong seluruhnya sudah selesai,” jelasnya.

Ridwan mengaku, saat ini seluruh pekerjaan sudah dilaporkan secara online kedalam aplikasi Siskeudes. Tentunya laporan tersebut bisa mempermudah pengawasan terhadap perguliran Dana Desa yang terangkum dalam APBdes.

“Dengan aplikasi tersebut keuangan di desa bisa terpantau langsung oleh BPK RI. Jadi kami sangat mengapresiasi adanya penggunaan aplikasi tersebut,” ujarnya.

Ditambahkannya, aplikasi tersebut bisa mencegah adanya penggunaan anggaran pada proyek fiktif. Jadi tidak ada lagi ceritanya, anggaran desa tidak tepat sasaran. Apalagi fiktif.

“Bagi saya aplikasi tersebut sangat efektif dan efisien. Memang input data lumayan lelah, namun lama – lama sudah terbiasa juga,” pungkasnya. ( Farhaan Muhamma Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco