Joko Purwanto Dorong Pengembangan Beras Pandanwangi

oleh
Foto: Farhaan Muhammad Ridwan/ waktunews.com.
Anggota DPR RI Komisi VII H. Joko Purwanto bersama Ketua MP#C Ibrahim Naswari ditemani seorang petani Padi Pandanwangi tengah meninjau hasil produksi.

CIANJUR – Anggota DPR RI Komisi VII dari Daerah Pemilihan Cianjur dan Kota Bogor H. Joko Purwanto turun tangan menggandeng para akademisi dari Universitas Suryakencana (Unsur) Cianjur dan tim ahli dari Kemenristekditi mendorong potensi pertanian padi varietas pandanwangi di Kabupaten Cianjur. (24/9/2019).

Usai menghadiri acara Program Diseminasi Pusat Unggulan Inovasi Daerah (PUID) kerjasama direktorat penelitian dan pengembangan dirjem kelembagaan Kemenristekdikti dengan Unuversitas suryakancana bersama 200 petani pandanwangi se – Kabupaten Cianjur, politisi PPP ini menjelaskan, Kabupaten Cianjur dikenal sebagai daerah pemilik padi terunggul seperti pandan wangi, namun kondisi dunia pertanian Cianjur sendiri saat ini justru sangat memperihatinkan.

Menurutnya, dengan adanya peralihan lahan produktif di wilayah penghasil varietas pandanwangi menjadi kawasan industri dan pembangunan pemukiman penduduk, hingga menurunkan kuantitas produksi. Karena hal itulah, upaya pelestarian pandawangi ini menjadi tanggung jawab bersama.

“Kondisi ini suatu hal yang sangat miris. Insaya Allah kami siap mendorong peningkatan produktifitas pertanian di Cianjur,” ujarnya

Joko Purwanto menjelaskan, keberadaan varietas Padi Pandanwangi jangan sampai terkikis jaman. Pihaknya sebagai Anggota DPR RI akan terus mendampingi pengembangan pandawangi ini. Selain itu juga siap melakukan pengawasan dengan bermitra bersama  kementerian yang terkait. Kedepannya, hal inipun akan disampaikan  ke Presiden, sehingg produk pandawangi bisa dijaga.

“Makanya kami disini berkumpul bersama para petani pandanwangi, sehingga kita bisa interaksi antara para petani, para akademisi, bersama para peneliti,” jelasnya.

Sementara itu, Badan Pertimbangan Masyarakat Pelestari Padi Pandawangi Cianjur (MP3C) Ibrahim Naswari, mengaku optimis dengan kesuksesan petani padi pandanwangi. Terbukti dengan serapan pasar dan komitmen kuat dari Pemkab Cianjur  dengan adanya program pembebasan lahan untuk pengembangan pertanian varietas pandanwangi.

“Kami sebagai petani optimis pandanwangi bisa berkibar kembali. Terutama dengan diwadahi dalam MP3C para konsumen bisa mengakses padi pandanwangi, dan kami pun bisa menjaga kemurniannya kualitas yang terkenal lebih harum dan pulen,” singkatnya. (Farhaan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco