Pengaruh Sarapan Pagi Terhadap Aktivitas Indeks Prestasi Belajar

oleh
Foto: Istimewa
Hasna Mardiana, Prodi : S1 Kesehatan Masyarakat STIKES Jenderal Achmad Yani Cimahi

Ada apa dengan sarapan pagi? Apakah boleh sarapan pagi? Atau tidak dianjurkan untuk sarapan pagi? Menurut mayoritas pakar Gizi, sarapan pagi adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan setiap orang. Sarapan sangat berdampak positif bagi keberlangsungan hidup sehari-hari, apalagi bagi para pelajar.

Adapun menurut para ahli Pendidikan (Hendra Surya, 2009), penyebab rendahnya kualitas dan prestasi belajar seseorang, sebagian besar disebabkan oleh lemahnya kemampuan orang tersebut untuk dapat melakukan konsentrasi belajar.

Menurutnya, sarapan pagi sangat mempengaruhi indeks prestasi belajar seorang siswa. Disebuah  sekolah di wilayah Amerika Serikat, pernah dilakukan sebuah penelitian tentang kolerasi antara sarapan pagi dengan indeks prestasi belajar. Dan sebuah hasil mengejutkan terjadi dari hasil penelitian itu yang menyatakan bahwa “Pelajar yang selalu sarapan pagi sebelum pergi sekolah memiliki performa yang lebih baik dari segi matematika dan membaca”. Dengan sarapan pagi, pelajar tidak akan kelaparan, lemah ataupun lesu ketika proses pembelajaran berlangsung. Selain itu sarapan pagi dapat membantu proses merespon pertanyaan dari guru atau dosen dengan lebih baik. Hal tersebut terjadi karena adanya asupan gizi yang masuk kedalam tubuh dan di proses dengan baik, lalu gizi tersebut masuk ke dalam kerja otak.

Menu sarapan yang baik itu, sebaiknya yang banyak mengandung unsur pemberi tenaga dengan maksimal atau mengandung unsur pembangun. Dengan demikian, mengkonsumsi nasi atau gandum dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh sepanjang hari. Sarapan pagi menjadi penting, karena tubuh hanya memiliki sedikit cadangan makanan dari makan malam 7 – 8 jam sebelumnya. Sementara kegiatan dari pagi sampai waktu makan siang setidaknya memerlukan ¼ – 1/3 dari jumlah makanan. Maka dengan sarapan pagi, cadangan tenaga akan terisi kembali.

Oleh sebab itu sarapan pagi sangat berpengaruh terhadap hasil indeks prestasi. Tidak sedikit pelajar yang menyatakan sarapan pagi dapat mempengaruhi nilainya. Hal ini seharusnya bisa menjadi pertimbangan bagi pelajar yang masih bermalas – malasan untuk sarapan pagi, supaya hasil indeks prestasinya lebih baik lagi.

Tips Dan Trik Untuk Sarapan Pagi

  1. Bangun di pagi hari lebih awal
  2. Menyiapkan sarapan pada malam hari
  3. Buat sarapan dengan menu yang mudah dan mempunyai gizi yang baik.
  4. Jangan makan sebelum tidur

 

Penulis:

Nama : Hasna Mardiana

Telp    : 0813 2019 2015

Prodi : S1 Kesehatan Masyarakat STIKES Jenderal Achmad Yani Cimahi

Email : hasnamardiana@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco