Gelaran Utama Festival Sarongge Lestarikan Budaya Sunda

oleh
Foto: Farhaan Muhammad Ridwan/ waktunews.com.
Festival Sarongge gelaran budaya dan pameran seperti ngaruat cai di bawah Gunung Gede, pentas seni budaya sunda, pagelaran wayang golek, dan ditutup tabligh akbar yang dilaksanakan dua hari 29 dan 30 September 2018. Rencana kedepannya adalah gelaran serupa akan dilaksanakan setiap tahun..

PACET – Festival Sarongge menjadi gelaran budaya dan pameran yang rutin dilakukan di setiap tahunnya. Beberapa kegiatan utama dilakukan, seperti ngaruat cai di bawah gunung gede, seni budaya, pagelaran wayang golek, dan ditutup tabligh akbar yang dilaksanakan dua hari 29 dan 30 September 2018.

Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Sarongge Rancage, Dayat Hidayat mengatakan, festival ini digelar agar lebih mempererat tali silaturahmi antar warga Kampung Sarongge dan sekitarnya, serta mengembangkan apa yang ada di Sarongge. Baik dari sektor budayanya, perkebunan, tani , dan sektor yang lain.

“Ini pagelaran yang ke enam kalinya. Alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik,” paparnya.

Dayat menjelaskan, selain itu, beberapa destinasi wisata Sarongge pun dihadirkan pada gelaran tersebut. Seperti, memperkenalkan pabrik kopi, kebun kopi, pabrik teh, kebun teh, stroberi, saung sarongge, kerajinan dari bambu dan berbagai wisata lainnya.

“Sebenarnya acara ini juga akan hadir dari Mentri pariwisata, tetapi karena berhalangan hadir, jadi diwakili Dirjen dari PHK, termasuk bapa bupati dan unsur yang ada di Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, lanjut Dayat, kegiatan dalam bakti  sosial  seperti khitanan massal dengan jumlah 50 anak, santunan anak yatim, lomba bedug dulag, dan lomba tumpeng dari berbagai keRT an dari seluruh Kampung Sarongge ditambahkan dalam sebagai bagian dari geralan Festival Budaya Sarongge.

“Alhamdulillah acaranya berlangsung meriah. Antusias dari warga Sarongge pun sangat baik. Termasuk beberapa warga luar Ciputri ikut hadir dalam gelaran tahun ini,” tambahnya.

Menurutnya, gelaran ini menjadi agenda yang tidak akan putus. Tiap tahun akan dilaksanakan dan dipastikan lebih meriah lagi. Bahkan, anggaran yang didapat juga setiap tahunnya ada peningkatan. Beberapa sponsor ikut mendukung dalam Festival Sarongge ini.

“Berharap, acara kedepan semakin meriah, bisa lebih diidukung oleh pemerintah daerah. Apalagi akses jalan ke Sarongge bisa lebih diperbaiki,” pungkasnya. (Farhaan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco