Menjaga Generasi Emas Indonesia Dengan Kampanye TOSS TBC ala Dinkes Cianjur

oleh
Foto: Istimewa.
Wabup beserta jajaran Dinkes Cianjur laksanakan Kampanye TOSS TBC demi menjaga generasi emas Indonesia dan perangi stunting.

CIANJUR – Wakil Bupati (Wabup) Cianjur H. Herman Suherman membuka sosialisasi pencegahan stunting melalui tambah darah bagi remaja putrid, dan kampanye temukan obati sampai sembuh (TOSS) TBC, di Aula Madrasah Aliyah Negri (MAN)  2 Cianjur pada kamis 27 September 2018 lalu.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Cianjur Tresna Gumilar beserta jajaran, para Guru dan siswa Man 2 Cianjur serta tamu undangan.

Wabup mengatakan, penanganan stunting di Kabupaten Cianjur terbilang baik. Pasalnya, saat program penanganan stunting dan TBC digulirkan, sampai saat ini jumlah penderita penyakit tersebut di Kabupaten Cianjur berkurang.

“Alhamdulilah, dari laporan yang diterima, angka stunting menurun,” katanya.

Wabup Cianjur menghimbau, terutama bagi ibu hamil agar selalu mendapatkan asupan gizi yang seimbang serta memberikan gizi yang cukup bagi balita kesayangannya

”selain banyak asupan gizi, ibu mengandung juga diharapkan banyak konsultasi,” ujar Wabup.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dr. Irfan Fauzi menjelaskan, untuk temuan gizi buruk yang mengakibatkan bayi meninggal, dalam tiga tahun terakhir angkanya turun drastis. Irfan berharap, para remaja juga tahu risiko yang akan dihadapi saat kelak menjadi orang tua, dan bagaimana caranya memberikan gizi terbaik untuk generasi mendatang.

“Kenapa remaja dan calon ibu,sering mengalami anemia? Pada remaja, angkanya hampir 30%.” Jelas Kabid Kesmas.

Irfan mengatakan, kegiatan ini juga sebagai tindakan preventif terhadap adanya penyakit TBC. Pasalnya TBC juga menjadi satu penyebab terjangkitnya stunting. Dan sebagai upaya jangka panjang, demi mencetak generasi terbaik.

“Generasi pada saat Indonesia emas harus optimal. Kami akan meneruskan kegiatan ini di tempat lainnya,” pungkasnya (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco