SMKN 1 Cipanas Memajukan Kualitas Pendidikan Berstandar Kompetensi

oleh
Foto: Farhaan Muhammad Ridwan/ waktunews.com.
SMKN 1 Cipanas bertekad bukan meluluskan para anak didiknya saja. Tetapi menyalurkan bakat siswa dalam bekerja dengan bekal standar kompetensi tinggi, melanjutkan untuk kuliah ataupun menjadi pengusaha unggul serta sukses dikemudian hari.

CIPANAS – Saat ini berbagai inovasi terus dilakukan oleh SMKN 1 Cipanas, demi memajukan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid.(6/10/2018).

Kepala SMKN 1 Cipanas Bambang Ronny menuturkan, saat ini siswa SMKN 1 Cipanas berjumlah 1653 siswa, mereka terbagi kedalam 48 Rombel (rombongan belajar), yang terdiri dari jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan), APHP ( Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Akuntansi, Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Perhotelan dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

“Untuk memajukan kualitas sekolah, kami melakukan berbagai langkah. Salah satunya kami menjalin kerjasama dengan STP Sahid,” tutur Bambang yang didampingi Wakil Kepala SMKN 1 Cipanas Faisal Sandi.

Bambang menjelaskan, jalinan kerjasama dengan STP Sahid ini tertuang dalam MoU. Program kerjasama itu yakni, untuk siswa/siswi jurusan Perhotelan setelah lulus bisa ikut langsung D1, dengan pembelajaran magang selama 3 bulan di sekolah dengan diklat kompetensi keahilan. Sesudah diklat, para anak didik mengikuti uji kompetensi.

“Setelah itu mereka 6 bulan magang, dilanjutkan 2 bulan kuliah di Jakarta. Hingga akhirnya mereka lulus, dan bisa langsung bekerja,” jelasnya.

Menurutnya, dengan program kerjasama ini, diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Siswa yang baru lulus bisa profesional dalam keahliannya, dan siap bekerja dengan bekal kompetensi tinggi. Selain dengan STP Sahid, pihaknya pun bekerjasa dengan berbagai pihak, dengan membuka Axio Class, dan Alfa Clas. Diharapkan berbagai kerjasama ini bisa mendorong kemajuan SMKN 1 Cipanas

“Perlu diingat keberadaan SMK ini bukan meluluskan saja, tetapi menyalurkan siswa bekerja, melanjutkan untuk kuliah ataupun menjadi pengusaha unggul serta sukses dikemudian hari,” tutup Bambang. (Farhaan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco