PPK Sukaresmi Optimalkan GMHP

oleh
Foto: Farhaan Muhammad Ridwan/ waktunews.com.
PPK Sukaresmi menggelar Gerakan Melindungi Hak Pemilih (GMHP), sekaligus evaluasi DPTHP tahap pertama.

SUKARESMI – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukaresmi menggelar Gerakan Melindungi Hak Pemilih (GMHP), sekaligus evaluasi DPTHP tahap pertama.

Ketua PPK Kecamatan Sukaresmi Dodi Sopian Ramdan mengatakan, Pemilu yang akan berlangsung 17 April 2019, berbeda dengan Pemilu nasional sebelumnya. Pasalnya, antara Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) dilakukan terpisah. Namun, pada pelaksanaan Pemilu nasional kali ini, dilaksanakan secara serentak, yaitu memilih legislatif dan presiden sesuai dengan Undang –  Undang Pemilu.

“Tentunya ada beberapa tantangan bagi penyelanggara Pemilu, pengawas, peserta pemilu maupun pemilih. Gerakan GMHP ini diharapkan tidak ada pemilih yang terlewatkan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, Pemilu Tahun 2018 – 2019 ini, KPU mempunyai tugas pokok melindungi hak politik peserta Pemilu, dan wajib melayani semua pemilih yang sudah berhak memilih.

Sementara untuk jumlah DPTHP Kecamatan Sukaresmi, lanjut Dodi, laki – laki 31.182 dan perempuan 28.928 dengan jumlah total 60.110 yang tesebar di 138 TPS.  Data pemilih ini terus akan dimutahirkan, hingga tidak ada alasan bagi masyarakat yang memiliki hak pilih, tidak terdaftar di DPT.

“Demi melindungi hak pilih, Kami  sudah membuka posko – posko pengaduan di 11 desa se – Kecamatan Sukaresmi,” imbuhnya

Ketua PPK Sukaresmi menerangkan, dengan digelarnya GMHP ini, sosialisasi pengecekan data pemilih bisa menyeluruh hingga ke semua lapisan masyarakat. Pihaknya menghimbau agar masyarakat dapat mengecek data pemilih melaui website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Aplikasi ini dapat di download di play store setiap HP andorid, dan di portal KPU RI Pemilu 2019.

“Informasi ini bisa disebarluaskan secara masif agar semua masyarakat yang mempunyai hak pilih terdata sebagai pemilih,” ujar Dodi menerangkan.

Pihaknya mengharapkan, upaya yang dilakukannya ini bisa mencipatakan suasana aman dan nyaman. Masyarakat pun harus mengawal pemilu, karena hak pilih masyrakat sangat dilindungi. Pemilu harus mampu meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dalam berpoltik.

“Sukses pemilu adalah sukses kita semua. Oleh karenanya, semua harus berperan sesuai dengan tugas dan fungsi masing – masing,” pungkasnya. (Farhan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco