BUMDes se Kecamatan Sukaluyu Terfokus pada Perdagangan dan Jasa

oleh
Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com.
Ketua BKAD Kecamatan Sukaluyu yang juga Sekretaris DCP Apdesi Kabupaten Cianjur Usep Syukur (Apih) saat memeriksa berkas laporan di ruang kerjanya.

CIANJUR – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kecamatan Sukaluyu, Cianjur kebanyakan berjalan disektor perdagangan dan jasa. (23/10/2018).

Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Sukaluyu Usep Syukur menjelaskan, BUMDes se kecamatan yang mayoritasnya bergerak dibidang perdagangan dan jasa tersebut meliputi warung kelontong, penyediaan pasar desa dan jasa aplikasi.

“Jasa aplikasi itu kita menyediakan jasa pembayaran tagihan listrik, tagihan air bersih ataupun pulsa dan kuota telepon seluler,” jelas pria yang akrab disapa Apih ini saat ditemui di Kantor Apdesi Cianjur.

Sedangkan untuk BUMDes yang menyediakan Pasar Desa, Apih yang juga menjabat Sekretaris DPC Apdesi Kabupaten Cianjur ini menerangkan, belum bisa berjalan sesuai rencana. Hal ini dikarenakan pihak ketiga sebagai rekanan Desa Sukamulya belum menyelesaikan pembangunannya.

“Saya kurang tahu juga alasannya kenapa sampai mandeg seperti itu,” imbuhnya.

Pasar desa tersebut, lanjutnya, dibangun dan akan dikelola oleh pihak ketiga. Pihak desa hanya menyediakan tempatnya saja. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat agar bisa melakukan transaksi jual beli dalam skala yang sedikit lebih besar dan tempatnya tidak jauh dari tempat tinggalnya.

“Masyarakat se Kecamatan Sukaluyu nantinya tidak usah jauh-jauh harus ke Cianjur Kota atau ke Ciranjang bila hendak ke pasar,” tambahnya.

Dirinya berharap, pembangunan Pasar Desa Sukamulya bisa segera berlanjut dan bisa di manfaatkan oleh masyarakatnya.

“Tentu saja seperti itu harapannya,” tutupnya. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco