JP Anggap Santri Merupakan Aset Bangsa

oleh
Anggota DPR RI Joko Purwanto berjalan dengan salah satu rombongan peserta Kemah Santri dalam rangka memperingati HSN di Cibodas. Menurutnya, santri wajib berjiwa nasionalis karena bagian dari aset bangsa dan negara.

CIANJUR – Anggota DPR RI Komisi VII H. Joko Purwanto menghadiri langsung Kemah Santri dan Jalan Sehat yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cianjur, dalam rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Lapangan Singabarong Desa Cimacan Kecamatan Cipanas. (4/11/2018).

“Pesantren dan para santri merupakan aset bangsa. Kedepan, santri dan pesantren itu bisa memberikan manfaat demi kemajuan bangsa dan negara,” ujarnya (3/11).

Joko mengaku sangat menyambut baik dengan adanya peringatan rangkaian acara HSN yang digelar oleh PCNU Kabupaten Cianjur. Dengan kemah santri yang digelar pertama kali ini, bisa dikembangkan dan dilaksanakan secara berkesinambungan agar tali silaturahmi tetap terjaga dengan baik.

“Ada beberapa catatan penting untuk peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018. Salah satunya soal Rancangan UU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan yang baru disahkan. Kita akan terus mendorong untuk kelancaran pengesahan UU tersebut,” akunya.

Menurutnya, HSN sebagai hari nasional yang disahkan pada tahun 2015 lalu ini, dalam prosesnya tentu melalui perjuangan yang begitu panjang. HSN adalah sebuah penghargaan dari negara terhadap para santri yang sejak dulu telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

“Kalau ada santri tidak cinta NKRI, perlu dipertanyakan kesantriannya. Karena kesantrian dan NKRI juga nasionalisme adalah satu ikatan yang tidak bisa dipisahkan,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, kabar baik dari dunia pesantren. DPR melalui rapat paripurna telah mengesahkan Rancangan UU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan (RUU PPK) yang diinisiasi oleh PPP.

“Ini sekaligus menjadi hadiah untuk santri. Kita di Indonesia jumlah santri yang aktif 4 juta, belum dihitung alumni-alumninya. Sehingga RUU PPK ini betul-betul menjadi hadiah untuk para santri,” pungkasnya. (Farhan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco