Musim Hujan, Pendaki TNGP Diharap Berhati – hati

oleh
Foto: Farhaan/ waktunews.com
Para pendaki TNGP dihimbau berhati-hati karena cuaca yang tidak menentu. Selain itu pihak pengelola juga menyarankan agar pendaki tidak membuka jalur baru demi keselamatan bersama.

CIPANAS – Jalur pendakian gunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dipastikan tetap dibuka seperti biasa, meski intensitas curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini. (5/11/2018).

Kepala Subbagian (Kasubag) Umum Balai Besar TNGP Antong Hartadi menyebutkan, dalam pemantauan harian yang dilakukan pihaknya sampai saat ini, kondisi cuaca yang diguyur hujan terus menerus itu masih dalam taraf normal.

“Ini kan hutan hujan tropis, jadi memang cuacanya basah dan lembab, bahkan tidak bisa diprediksi. seperti sekarang ini sudah mulai hujan terus. Tetapi masih normal kok,” kata Antong saat di wawancarai di Balai Besar TNGP.

Namun begitu, ia mengingatkan para wisatawan dan pecinta alam yang hendak mendaki kawasan tersebut, untuk mempersiapkan diri dengan peralatan yang lengkap, makanan yang cukup dan kesiapan fisik yang memadai.

“Kami mempersilahkan pengunjung mendaki gunung. Karena di sini adalah tempat terbaik mempelajari konservasi lingkungan hidup di hutan hujan tropis,” ujarnya.

Selain itu Antong menambahkan, pengunjung yang akan mendaki, masih tetap ramai seperti biasa. Walaupun cuaca sekarang yang mulai tidak menentu. Artinya, para pendaki tetap saja antusias. Tidak ada pengurangan jumlah pendaki perharinya.

“Jumlah pendaki perhari sih masih stabil. Selain daripada batasan kuota perhari yang sudah ditentukan, yakni 600 orang per harinya,” terang Antong.

Antong menghimbau, bagi para pengunjung yang ingin mendaki ke Gunung Gede Pangrango, diharapkan agar tetap di jalur pendakian yang sudah ditentukan, tidak membuka jalur lain. Karena akan berakibat terhadap pendaki ketika menemukan kesulitan pendakian.

“Nantinya akan mengalami kesulitan atau kesasar di jalur pendakian. Bukan hanya rugi pendaki sendiri, kami (Pihak TNGP) juga akan kesulitan menemukan pendaki itu, bahkan keluarga yang di rumah pun juga was-was,” tukasnya. (Farhan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco