3 Desa di Cianjur Menerima Program Intervensi Kesling Penanganan Stunting

oleh
Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com.
Ganthy (kanan) beserta rekannya dari Relawan Paguyuban Sanitasi saat bersama salah seorang dari kelompok penerima manfaat Program Intervensi Kesling Penanganan Stunting di Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi, Cianjur.

CIANJUR – Program Intervensi Kesling (kesehatan lingkungan) Penanganan Stunting yang digagas Kementrian Kesehatan (Kemenkes)RI sudah terealisasi di 3 desa di Kabupaten Cianjur. (7/11/2018).

Ke tiga desa tersebut masing-masing Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi, Desa Kertaraharja Kecamatan Pagelaran dan Desa Pusakajaya Kecamatan Pasirkuda. Sedangkan program ini bertujuan agar masyarakat berhenti buang air besar sembarangan dan selalu mencuci tangan pakai sabun.

Menurut salah seorang dari Relawan Paguyuban Sanitasi (RPS) Ganthi, program Kemenkes RI ini berupa Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar Rp. 100 juta yang dibagikan kepada setiap kelompok masyarakat penerima.

“Satu kelompok di satu desa itu terdiri 20 orang,” katanya.

Ganthi kemudian menjelaskan, dari bantuan tersebut, dibangunlah sarana sanitasi ditiap-tiap rumah anggota kelompok penerima. Seperi membangun WC atau jamban, dan menyediakan sarana septiktank sebagai pembuangan.

“Semua ini dalam rangka pencegahan stunting. Nah, yang hafal betul mengenai program ini tentunya Dinas Kesehatan sebagai kepanjangan tangan Kemenkes RI di Cianjur ini,” pungkas Ganthy. (Ruslan Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco