Pelatihan Duta Pencegahan Stunting Akan Dilaksanakan di Cianjur Selama Dua Hari

oleh
Foto: Ilustrasi/net

CIANJUR – Kabupaten Cianjur menjadi salah satu dari 100 Kabupaten/Kota Prioritas Pencegahan Stunting. Presiden Jokowi menekankan pentingnya peranan kader Posyandu sebagai garda terdepan pencegahan stunting pada Rapat Terbatas Kabinet Kerja 5 April 2018 lalu.

Terkait dengan itu, pada 8-9 November 2018 akan dilaksanakan Pelatihan Duta Pencegahan Stunting yang akan berlangsung selama 2 hari di Gedung Serba Guna As-Sakinah Cianjur. Rencananya kegiatan tersebut akan diikuti sebanyak 500 peserta.

“Stunting menjadi ancaman untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan nasional,” kata Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Seluruh peserta nantinya akan mempelajari secara rinci terkait pola dan praktik pengasuhan untuk mencegah stunting. Begitupun konsep dan tata cara pemberian konseling kepada Ibu, keterampilan 5 meja dasar Posyandu, serta pengetahuan terkait grafik pemantauan pertumbuhan dan grafik SKDN.

Melalui pelatihan tersebut, peserta diharapkan dapat menjadi ‘agen’ pencegahan stunting di desa-nya masing-masing. Rencananya narasumber pada pelatihan itu yakni Ratna Megawangi selaku pendiri Indonesia Heritage Foundation, Utami Rusli selaku Ketua Pembina Sentra Laktasi Indonesia, dan Brian Sriprahastuti selaku Tenaga Ahli Utama Kedeputian III Kantor Staf Presiden.

Selain bertujuan untuk mencetak duta pencegahan stunting, pelatihan ini juga merupakan kick-off Kerangka Kerja Bersama untuk Pencegahan Stunting yang diinisiasi oleh Kantor Staf Presiden dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). (Waktunews.com/bbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco